Marvell Ciptakan Chip 3 GHz untuk Ponsel

Marvell Armada 628, prosesor triple core untuk perangkat mobile
Sumber :
  • pcmasters.de

VIVAnews - Marvell mengumumkan bahwa mereka telah membuat chip prosesor triple core. Prosesor tersebut, diberi nama Armada 628, didesain untuk perangkat mobile hemat energi.

Pengumuman ketersediaan prosesor triple core tersebut dilakukan saat dunia sedang marak membicarakan prosesor dual core untuk industri mobile. Harapannya, prosesor ini akan digunakan pada ponsel seperti BlackBerry ataupun perangkat tablet.

“Produk itu kini sedang diuji coba oleh pelanggan kami dan diperkirakan akan hadir di perangkat seperti smartphone dan tablet pada awal tahun depan,” kata juru bicara Marvell, seperti dikutip dari Wall Street Journal, 24 September 2010.

Chip Armada 628 menggunakan tiga prosesor ARM dan Marvell mengklaim bahwa itu merupakan chip prosesor multi core pertama yang didesain untuk berjalan di perangkat mobile.

Untuk menghemat daya, Marvell menggunakan core ARM ketiga di chip tersebut untuk menyeimbangkan load kerja antara kedua prosesor lainnya. Marvell menyebutkan, teknik ini membuat konsumsi daya tetap rendah, membuat Armada 628 berjalan secara efisien.

Dari tiga core, dua di antaranya berjalan di 1,5GHz dan core ketiga berjalan pada kecepatan 624MHz. Secara total, chip Armada 628 itu memiliki L2 cache sebesar 1MB dan mendukung USB 3.0.

Dengan kekuatan total prosesor mencapai 3GHz, Marvell yakin Armada 628 bisa memutar dan mengolah konten HD. Chip ini juga bisa mengatasi game 3D.

Sebagai informasi, Marvell Technology Group, merupakan perusahaan semikonduktor yang berdiri sejak tahun 1995 di Santa Clara, California. Perusahaan itu didirikan oleh Sehat dan Pantas Sutardja, dua bersaudara asal Jakarta dan Weili Dai, istri Sehat Sutardja.

1.048 Warga Binaan Lapas Tebingtinggi Peroleh Remisi Idul Fitri, 4 Langsung Bebas

Tahun 2009 lalu, Marvell mengumumkan bahwa mereka juga sudah punya teknologi quad core untuk prosesor ponsel.

Wakil ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) Susilaningtyas

LPSK Putuskan Beri Perlindungan kepada Korban Dugaan Pelecehan Rektor Nonaktif UP

LPSK menilai adanya potensi ancaman dan intimidasi yang dialami korban.

img_title
VIVA.co.id
11 April 2024