Pabrik Toner Printer Palsu Digerebek

ilustrasi cyber crime
Sumber :
  • issa-eg.org

VIVAnews - Lewat sebuah inspeksi di dua pabrik di China dan Thailand, petugas bea cukai serta aparat penegak hukum dari berbagai negara berhasil menyita sejumlah toner palsu untuk printer merek Fuji Xerox. Nilai toner palsu yang berhasil diamankan mencapai USS200 ribu atau sekitar Rp1,7 miliar.

Organisasi yang menyediakan barang palsu dari China dan Thailand tersebut kini menghadapi ancaman sanksi denda yang besar serta ancaman tuntutan pidana.

“Pemalsuan toner kartrid akan memberikan dampak pada keseluruhan industri percetakan,” kata James Henderson, Presiden Fuji Xerox Printer Channel pada keterangannya, 16 Juni 2011. “Korban utama dari kejahatan ini adalah pelanggan yang bermaksud untuk membeli produk Fuji Xerox yang asli, tetapi menerima produk alternatif yang berkualitas buruk,” ucapnya.

Henderson menyebutkan, operasi pemalsuan di China terdeteksi setelah penyelidik mengidentifikasi sebuah pabrik lokal yang memproduksi kartrid palsu. Lebih dari 60 orang dipekerjakan oleh para pemalsu untuk memproduksi toner, yang dijual baik di pasar domestik dan international.

Operasi pemalsuan di Thailand sendiri terdeteksi setelah dilakukannya investigasi mendalam. Sebuah regu yang terdiri dari 18 orang menginspeksi pabrik tersebut dan menemukan barang palsu di seluruh gedung.

Dalam kedua inspeksi ini, kartrid palsu dengan merek dagang Fuji Xerox dan Xerox disita. Kartrid palsu tersebut sangat mirip dengan kartrid toner asli. Namun, kartrid toner palsu mengakibatkan kinerja printer yang buruk, kapasitas toner lebih sedikit, kualitas cetak rendah dan kebocoran toner, sehingga berpotensi merusak printer yang menggunakan kartrid palsu.

Sebagai informasi, penggunaan toner palsu juga dapat membatalkan garansi printer.

“Pada bulan terakhir, kami telah melakukan penggerebekan besar di Thailand dan China, menyita produk palsu senilai lebih dari US $1 juta,” kata Henderson. “Inspeksi terakhir berhasil menutup produsen utama toner kartrid palsu dari wilayah Asia Pasifik dan telah mencegah produk palsu dengan volume besar masuk ke pasar lokal, yang akan merugikan mitra dan pelanggan strategis,” ucapnya.

Menginspirasi Generasi Baru, Fashion Crafty Jakarta Hadirkan Kolaborasi Fashion Photos Project 5
Lemon dan madu

5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa

Radang tenggorokan saat berpuasa bisa menjadi hal yang menyebalkan. Rasa gatal, perih dan kering di tenggorokan dapat mengganggu ibadah dan aktivitas sehari-hari.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024