Komputer Tablet Antisadap Awak Kapal Selam AS

Ilustrasi kapal selam.
Sumber :
  • http://www.afrid-fransisco.com/2014/04/4-lokasi-kapal-selam-indonesia-yg.html

VIVAnews - Personel Angkatan Laut Amerika Serikat, terutama awak kapal selam, tidak bisa menggunakan gadget pribadi saat bertugas di bawah laut demi pertimbangan keamanan. Padahal mereka pun butuh hiburan atau kegiatan melepas penat demi mengatasi depresi.

Fairuz A Rafiq Beberkan Kondisi Terkini Usai Dilarikan ke RS Bersama Buah Hati

Tak ingin membatasi kebutuhan informasi pasukan yang tengah bertugas itu, AL AS punya siasat cerdik dengan menyediakan perangkat tablet khusus (e-Reader). Perangkat ini disebut Navy eReader Device (NeRD) yang telah dikustomisasi yang tak dapat dideteksi musuh layaknya siluman.

Diberitakan BBC, Selasa 13 Mei 2014, e-Reader itu dibatasi fasilitas koneksinya. NeRD tak dilengkapi port, tanpa WiFi dan kemampuan akses data. Fitur-fitur itu memungkinkan perangkat mengakifkan titik lokasi yang bisa berakibat fatal bagi armada yang sedang berpatroli. Namun e-Reader juga dilengkapi dengan buku karya penulis terkenal diantaranya Jane Austen, Shakespeare dan James Joyce. Buku klasik hingga best seller juga tersedia di dalamnya.

Setiap kapal selam diberi jatah lima unit NeRD. "Total ada 355 unit untuk semua kapal selam," jelas Nellie Moffitt, manajer Program Perpustakaan Umum AL AS.

Moffitt menambahkan e-Reader bakal disediakan untuk seluruh armada kapal lain. Saat ini tengah disiapkan peruntukan perangkat yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing armada. Selama ini e-Reader tidak diperbolehkan terdapat di kapal selam, namun dengan pembatasan fitur di NeRD memungkinkan pasukan AL bisa menikmati bacaan favorit.

Mengingat tanpa koneksi internet dan lubang port, hasilnya koleksi e-Reader itu terbatas, tak bisa diupdate untuk tambahan koleksi. Pada e-Reader itu hanya terdapat 300 buku digital yang tersedia pre-loaded. Buku itu dipilih dari koleksi 108 ribu Program Perpustakaan Umum.

NeRD merupakan gagasan Program Perpustakaan Umum AL AS bekerjasama dengan Findaway World, lembaga yang fokus membuat produk konten digital. (ren)

Presiden Joko Widodo dan Yanda Zaihifni Ishak jadi saksi pernikahan

Momen Presiden Joko Widodo jadi Saksi Nikah Anak Wamenaker Afriansyah Noor

Presiden Joko Widodo bersama Yanda Zaihifni Ishak menghadiri acara pernikahan putri dari Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) Afriansyah Noor.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024