Akhirnya Sony Rajai Pasar Game Konsol Lagi

Andrew House memperkenalkan Sony PlayStation 4 di New York, AS
Sumber :
  • technobuffalo.com
VIVAnews
Ambisi Tim Bulutangkis Indonesia Raih Juara Piala Thomas dan Uber 2024
- Setelah 10 tahun terus kalah, Sony akhirnya mendapatkan berita baik. Konsol game Sony PlayStation merajai industri dengan penjualan terbanyak.

Khofifah: Alumni UNAIR Harus Tingkatkan Kualitas SDM untuk Bangun Indonesia

Menurut data Nikkei, yang dikutip oleh
Timnas Indonesia U-23 Tak Gentar dengan Rekor Mengerikan Korea Selatan
IT Portal , Senin, 9 Juni 2014, total penjualan konsol game Sony mencapai 18,7 juta unit. Sedangkan Nintendo, yang selama ini menjadi rajanya game konsol, total penjualannya hanya 16,3 juta unit. Ini merupakan kali pertama sejak 2005 di mana SOny bisa melampaui Nintendo.


Sayangnya, bagi pengamat industri game, hal ini tidaklah terlalu mengejutkan. Pasalnya, peluncuran Playstation 4 (PS4) telah sukses menghipnotis pasar game, didukung dengan performa Wii U yang sangat buruk.


Peningkatan ini merupakan hal yang sangat alami. Sejak kemunculannya, PS4 telah mengalahkan penjualan kompetitornya, Xbox One. Jika PS4 mampu terjual hingga 7 juta unit dalam kurun 5 bulan, Microsoft Xbox hanya mampu sampai 4,2 juta unit saja.


Meski total penjualan yang didapat Microsoft terhadap Xbox hanya 11,6 juta unit namun ada peningkatan di sana. Penjualan Xbox Microsoft naik 16 persen, sedangkan Sony dan Nintendo mengalami penurunan dari total keseluruhan penjualan, masing-masing 20 persen dan 31 persen.


Penurunan penjualan Nintendo merupakan efek dari menurunnya minat terhadap Wii U dan konsol portabelnya, 3DS. Sedangkan Sony mengalami penurunan karena PS Vita tak laku di pasaran. Secara keseluruhan, konsol game tidak lagi menarik perhatian pengguna game karena perhatian mereka teralihkan oleh popularitas
smartphone
dan tablet. Kedua handset tersebut sekarang populer untuk digunakan sebagai perangkat game.


Setelah kalah dari Sony, meski Sony juga tidak terlalu antusias dengan raihan ini, Nintendo berencana untuk mengembalikan kejayaannya dengan konsol game baru. Nintendo akan fokus pada pasar negara berkembang.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya