Saat Padam, Power Bank Ini Berfungsi Jadi Lampu

Powerbank Zola.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Siti Sarifah Alia

VIVA.co.id – Meningkatnya teknologi gawai (gadget), khususnya smartphone dan tablet, memang tidak diiringi dengan kemampuan baterai yang mumpuni. Tidak heran jika kemudian baterai portabel eksternal, atau yang biasa disebut dengan power bank, menjadi sangat diminati.

Marshall Rilis 3 Speaker Wireless di Indonesia, Bisa untuk Telepon dan Jadi Powerbank

Menurut laporan perusahaan riset Markets and Markets, pasar power bank diprediksi akan bernilai sampai US$17,8 miliar pada 2020. Bahkan rata-rata pertumbuhan per tahun (CAGR) mencapai 23,1 persen antara 2015 sampai 2020.

Masih menurut laporan tersebut, power bank dengan kapasitas antara 9500 mAh sampai 12499 mAh diperuntukkan bagi pasar pengguna high-end.

Sewa Powerbank Kini Tersedia di KRL hingga TransJakarta

Pasar power bank dipenuhi di antaranya oleh vendor dari berbagai negara seperti Advantage Computers (India), Anker, Microsoft, Mophie dan uNu Electronics (AS), China BAK Battery, Xiaomi, dan OnePlus (China), Samsung dan LG Chem (Korea), Panasonic dan Sony (Jepang).

Di Indonesia, merek Zola menjadi salah satu pemain di pasar power bank. Beberapa produk buatannya dilengkapi dengan multiple output yang memungkinkan pengisian daya untuk banyak perangkat. Zola juga pernah menghadirkan pengisi daya dengan pencatat waktu (timer) pertama di Tanah Air.

Lebih Mudah, Kini Mobil Listrik Bisa Dicas Pakai Powerbank

Baru-baru ini, Zola meluncurkan power bank Corona dengan kapasitas 10.000 mAh. Kelebihannya, power bank ini bisa berfungsi sebagai lampu penerang saat keadaan gelap dan darurat karena dilengkapi lampu LED dengan 3 tingkatan terang (3 Class Adjustable lamp).

"Dalam keadaan power bank penuh, lampu dapat menyala kurang lebih selama 24 jam. Untuk memudahkan saat pengunaan, power bank ini dilengkapi dengan teknologi auto on pada kedua output-nya (1 A dan 2.1 A) sehingga power bank akan otomatis menyala pada saat dihubungkan ke gadget,"ujar Tomo, Direktur PT Romossindo Abadi, dalam keterangannya, Selasa, 8 Maret 2016.

Zola Powerbank Corona series juga tersedia dalam kapasitas 4000 mAh dan 6000 mAh. Kemampuannya dilengkapi dengan teknologi input DC5V1.5A. Ukurannya memang cukup berat, sekitar 245 gram, namun power bank ini bisa digunakan untuk mengisi daya sebuah smartphone sebanyak 3 kali. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya