VIDEO: Essential Phone, Ponsel Besutan Pencipta Android

Essential Phone
Sumber :
  • www.engadget.com

VIVA.co.id – Pendiri Android, Andy Rubin akhirnya mencuri perhatian dunia teknologi. Setelah berbulan-bulan dikabarkan sedang menyiapkan smartphone pesaing iPhone, Rubin akhirnya mengungkapkan smartphone besutan perusahaanya, Essential Phone dalam Recode Conference. Smartphone Essential Phone sudah disebut-sebut sebagai proyek ambisius sang pendiri Android tersebut. 

Game Ini 'Ajarkan' Pemilik Kafe Sejumlah Trik

Dikutip dari The Verge, Rabu, 31 Mei 2017, desain Essential Phone itu hadir dengan rupa yang mirip iPhone. Smartphone baru ini hadir nyaris tanpa bezel. Nyaris semua muka depan smartphone ini berupa layar, hanya menyisakan kamera depan 8 MP di bagian atas tengah dan bagian bawah dengan ruang tepi yang mirip dengan Samsung Galaxy S8. Layar depan tanpa ada logo produk. 

Essential Phone dibuat dari kombinasi material titanium dan keramik, sehingga diyakini 'tahan banting' dibanding smartphone yang terbuat dari bahan aluminium. 

5 Aplikasi Pendukung Ramadan, Ibadah Puasa Makin Khusyuk

Di bagian belakangnya, Essential Phone hadir dengan sistem dual kamera 13 MP. Sistem dual kamera smartphone pendiri Android ini agak beda dengan sistem dual kamera pada smartphone kebanyakan. 

Lensa kedua pada sistem dual kamera Essential Phone, menggunakan sensor monokrom, bukan sensor untuk bokeh. Sensor pada lensa kedua itu mampu memberikan cahaya yang lebih dibanding kamera warna tradisional. Untuk kamera depan 8 MP bisa dipakai untuk mengambil video 4K. 

Main Game Ini Santai tapi Menantang

Essential Phone

Hal beda lain di bagian belakang Essesntial Phone yakni konektor magnetik dan transfer data nirkabel yang posisinya sejajar dengan sistem dua kamera. Kedua fitur itu berguna untuk mendukung ekosistem aksesori buatan Essential. 

Konektor magnetik dan transfer data nirkabel ini dimanfaatkan sebagai tempat untuk menyematkan kamera 360 derajat di smartphone tersebut. Begitu terpasang, kamera 360  derajat langsung on dan terkoneksi secara nirkabel.

Perangkat tambahan yang tersemat di Essential Phone bisa terisi dayanya secara langsung, tanpa pengisian daya terpisah.

Essential Phone

Soal port, Essential Phone hadir tanpa port headphone jack 3,5 mm. Spesifikasi lainnya, smartphone ini didukung dengan prosesor Qualcomm 835, RAM 4 GB, dan penyimpanan internal 128 GB. Essential Phone dibanderol US$699 atau Rp9,3 juta.

Dikutip dari Mashable, perusahaan yang didirikan Rubin itu punya rencana untuk memproduksi lima atau enam aksesori dan nantinya terbuka untuk pengembangan aksesori dari pihak ketiga. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya