Bank Rusia Klaim Sukses Uji Coba Kirim Uang Pakai Drone

Ilustrasi drone.
Sumber :
  • www.pixabay.com/MabelAmber

VIVA.co.id – Bank terbesar Rusia, Sberbank, berhasil menguji pesawat tanpa awak (drone) rancangan sendiri (custom-made) untuk mengirim uang ke nasabah.

Bamsoet Ingatkan AHY soal Mafia Tanah Kerap Berkolaborasi dengan Mafia Peradilan

Menurut Wakil Direktur Utama Sberbank, Lev Khasis, mengirim uang dengan menggunakan jasa drone merupakan inovasi perusahaannya sebagai bentuk layanan perbankan kepada nasabah.

"Ini adalah hari besar dalam sistem pengiriman uang Sberbank. Drone kami akan mengirim uang tunai dari pusat penanganan uang tunai ke sebuah van cash-in-transit dengan kecepatan sekitar 180 km per jam," katanya seperti dikutip situs IBTimes, Senin, 19 Juni 2017.

Serangan Balik Shin Tae-yong ke Pemain Vietnam: Dia Tidak Bisa Baca

Ia mengatakan, sebelum menjalankan tugas resminya, drone di tes terbang dan berhasil menempuh jarak sekitar 10 km. Tes lebih banyak akan dilakukan dengan jarak yang lebih jauh dan medan yang lebih keras.

Saat ini, Kementerian Keuangan bersama Bank Sentral Rusia sedang menggodok aturan pengiriman uang melalui drone. Jika aturan ini disahkan, maka pengiriman tunai melalui pesawat tak berawak ini dapat dimulai akhir tahun ini.

Honda Brio dan Kijang Innova Kalah Laku dari Mobil Ini

Tahun lalu, Sberbank mengumumkan bahwa mereka ingin menyingkirkan penggunaan kartu plastik (kartu kredit atau debit) dalam waktu dekat dan menggantinya dengan aplikasi mobile dan ATM yang hanya menggunakan pengenalan suara dan citra sebagai faktor otentikasi.

Drones di seluruh dunia sedang diuji untuk menyampaikan berbagai hal termasuk belanjaan, pizza dan bahkan hati manusia untuk transplantasi.

Faktor keamanan penggunaan perangkat semacam itu, bagaimana pun, mendapat sorotan. Kebanyakan pemerintah mengeluarkan peraturan ketat untuk memberikan persetujuan terhadap program semacam itu.

Para peneliti cybersecurity juga telah memperingatkan bahwa pesawat tak berawak dapat diretas dengan mengendalikan jaringan admin.

Dengan pengiriman uang tunai seperti yang direncanakan, perusahaan seperti Sberbank perlu memasang langkah-langkah pengamanan data yang sulit untuk menghindari membiarkan penjahat dunia maya mengendalikan operasi tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya