Microsoft Bakal Hapus Fitur Bersejarah

Ilustrasi Microsoft.
Sumber :
  • REUTERS/Mike Segar/Files

VIVA.co.id – Microsoft segera meluncurkan pembaruan Windows 10 berikutnya yang disebut Autumn Creators Update. Produk ini akan menghadirkan beragam fitur baru, salah satunya penghapusan Microsoft (Ms) Paint.

Meski Sederhana, Games Solitaire Mampu Bertahan Sampai 30 Tahun

Mengutip situs Theguardian, Senin, 24 Juli 2017, kali pertama dirilis dengan versi pertama Windows 1.0 pada 1985, Ms Paint menjadi salah satu editor grafis pertama yang digunakan oleh banyak orang dan menjadi bagian inti Windows.

Memulai kehidupan sebagai versi berlisensi monokrom 1-bit dari Kuas PC ZSoft, ternyata tidak hanya Windows 98 saja yang dapat menyimpan Paint dalam format JPEG. Dengan Windows 10 Creators Update yang dirilis pada April lalu, Microsoft memperkenalkan Paint 3D terbarunya.

5 Perusahaan Besar Ini Bakal WFH Hingga Akhir Tahun

Fitur ini dipasang di samping Ms Paint, dan dilengkapi alat pembuatan gambar 3D serta beberapa pengeditan gambar dasar 2D. Namun, ini bukanlah pembaruan dari Ms Paint yang dimaksud.

Microsoft mengumumkan bahwa selain Outlook Express dan aplikasi Reader and Reading List, Ms Paint menjadi salah satu fitur yang dimasukkan ke daftar penghapusan atau fitur yang tidak digunakan lagi dalam Windows 10 Fall Creators Fall.

Tertinggal dari Aplikasi Zoom, Microsoft Langsung Lari Cepat

Selama ini, Ms Paint tidak pernah menjadi salah satu aplikasi yang paling mumpuni dan terbatas hanya pada format bitmap (BMP) dan PCX hingga 1998. Namun, jika Anda ingin menuliskan sesuatu dengan menggunakan mouse atau cut and paste dengan cepat, Ms Paint selalu dapat melakukannya. Bahkan di komputer kerja sekali pun.

Versi Paint terbaru untuk Windows 7 ke atas dinilai jauh lebih baik. Akan tetapi, Paint masih dianggap sebagai fitur yang buruk apabila dibandingkan dengan alternatif lainnya, seperti Paint.NET. Meski demikian, Microsoft belum mengkonfirmasi kapan akan menghapus Ms Paint secara resmi. (one)

Microsoft.

Microsoft Tutup Permanen Toko Ritelnya, Ada Apa?

Microsoft akan konsentrasi beralih ke toko online Microsoft.com.

img_title
VIVA.co.id
28 Juni 2020