Apple Salahkan Staf soal Face ID Gagal Deteksi Wajah

Pendiri Apple, Steve Wozniak.
Sumber :
  • Techspot

VIVA.co.id – Fitur deteksi wajah pada iPhone X, Face ID menjadi perhatian bagi pecinta Apple dan teknologi. Face ID menggantikan Touch ID yang ada pada iPhone sebelumnya. 

'Wajah' iPhone 16 Terungkap

Apple menegaskan, Face ID merupakan fitur yang canggih. Face ID bekerja dengan dukungan sistem kamera TrueDepth pada iPhone X, yang terdiri dari delapan elemen, termasuk di antaranya kamera inframerah, flood iluminator, sensor proximity sampai sensor cahaya sekitar.

Saat pengguna melihat ke layar iPhone X, sistem TrueDepth memproyeksikan 30 ribu titik inframerah tersembunyi dan kemudian kamera akan mengecek pola wajah secara real time

iPhone Lawas Jangan Coba-coba Update iOS 17

Namun saat Apple menunjukkan kemampuan Face ID ke publik untuk pertama kalinya pada 12 September 2017, fitur tersebut tak bekerja dengan otomatis. 

Dalam peluncuran iPhone X, Senior Vice President of Software Engineering Apple, Craig Federighi gagal beberapa kali membuka akses iPhone dengan Face ID, dan kemudian sistem iPhone X meminta kode akses. Federighi kemudian dengan sigap menggantinya dengan iPhone X yang lain, dan akhirnya Face ID berfungsi. 

The iOS 17 Update Will Not Support iPhone 8 and X

Momen kegagalan ini kemudian menjadi sorotan bagi penikmat teknologi dan pecinta Apple. 

Apple kemudian angkat bicara terkait hal tersebut. Perwakilan Apple menegaskan alasan kenapa Face ID iPhone X pada peluncuran itu Federighi gagal mendeteksi wajah petinggi Apple tersebut. 

Apple beralasan banyak orang atau staf Apple yang mencoba untuk menggunakan Face ID di belakang panggung sebelum iPhone X  tersebut dibawa Federighi dipakai untuk demo. 

"Orang-orang yang menangani perangkat ini (staf Apple di belakang panggung) memakainya sebelumnya. Dan mereka tak menyadari Face ID mencoba mengautentifikasi wajah mereka," ujar perwakilan Apple. 

Memang kala di panggung, Federighi beberapa kali gagal menunjukkan kemampuan Face ID. Tapi akhirnya, tegas Apple, Face ID pada iPhone X bisa menjalankan tugasnya, dengan meminta kode akses. 

"Face ID bekerja seperti sesuai rancangannya," kata Apple. 

Apple meluncurkan tiga seri iPhone terbaru pada 12 September. Selain iPhone X, Apple meluncurkan dua iPhone 8 yaitu iPhone 8 dan iPhone 8 Plus. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya