10 November, Jokowi Beri Nama Pesawat N219

Pesawat N219 mendapat sambutan meriah dari masyarakat di Bandung begitu mendarat.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Fahrul Jayadiputra

VIVA – Pesawat buatan anak bangsa, N219 kembali diuji terbang. Kali ini pesawat berkapasitas 19 penumpang itu diterbangkan dari Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung ke Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Manajemen PTDI Buka Suara soal Gaji Karyawan Dicicil

Kepala Lembaga Penebangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin mengatakan, pesawat N219 berangkat dari Bandung dan mendarat di Jakarta, Rabu pagi 8 November 2017.

"Lalu nanti tanggal 10 November ada pemberian nama oleh Presiden dan terbang kembali ke Bandung," ujar Thomas kepada VIVA, melalui pesan singkat, Rabu 8 November 2017.

Menhan Prabowo Subianto Serahkan 8 Helikopter Baru H225M ke TNI AU Rakitan Airbus dan PTDI

Sementara itu, untuk rencana nama yang akan diberikan, Thomas tidak mau mendahului Presiden Joko Widodo.

Dia menuturkan, meski sudah diberi nama, pesawat N219 tetap terus menyelesaikan uji terbangnya. Profesor riset LAPAN itu mengatakan, pesawat N219 baru menyelesaikan kurang dari 10 jam uji terbang. "Masih perlu lebih dari 300 jam untuk dapat sertifikat," ujarnya.

Prabowo: Indonesia Jadi Panutan Banyak Negara

Dalam pengembangan pesawat anak bangsa tersebut, LAPAN mempunyai tugas merencanakan dan membuat purwarupa.

Pesawat N219 yang merupakan karya anak bangsa ini terbang pertama pada 16 Agustus 2017. Dengan terbang kedua pada 23 Agustus, pesawat N219 sudah mengantongi 1 jam terbang. Target untuk mendapatkan izin terbang, pesawat harus mengantongi 300 jam terbang. Manufaktur pesawat N219, PT DI menargetkan, selama satu setengah tahun, N219 sudah bisa terbang selama 300 jam. 

Menteri BUMN, Erick Thohir.

Gaji Karyawan PTDI Dicicil, Begini Penjelasan Erick Thohir

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir menjelaskan perihal kebijakan PT Dirgantara Indonesia (PTDI) yang mencicil gaji karyawannya.

img_title
VIVA.co.id
19 Desember 2023