Diwawancara, Robot Warga Negara Arab Saudi Tak Nyambung

Robot Sophia
Sumber :
  • www.businessinsider.sg

VIVA – Beberapa waktu lalu dunia robot menciptakan sejarah. Untuk pertama kalinya, sebuah robot humanoid, Sophia, telah mendapat pengakuan sebagai warga negara oleh Arab Saudi.

Alibaba Cloud Diskon Harga

Robot Sophia memang mirip manusia, dia bisa diajak berbincang dan ngobrol. Dalam sebuah kesempatan demonstrasi di konferensi teknologi Web Summit di Lisbon, Portugal, robot cewek tersebut menjawab beberapa pertanyaan spontan dari pengunjung. 

Robot Sophia beberapa kali menjawab lancar pertanyaan, mengucapkan pembuka percakapan, menceritakan usianya dan tugasnya. 

Siap-siap, Berselancar di Mesin Pencari Google Tidak Gratis

"Tugas saya sebenarnya ingin membuat perbedaan di masa depan dan mencoba membantu orang mengembangkan empati dan penghormatan kepada yang lain," jawab Sophia dikutip dari Business Insider, Kamis 9 November 2017.

Namun lama-lama robot tersebut tidak nyambung dalam merespons lawan bicaranya. Beberapa kali robot tersebut diam beberapa saat, tampak berpikir dan kemudian menjawab pertanyaan yang tidak nyambung. 

Mobil Ini Bikin Ratusan Karyawan Apple Dipecat

Robot Sophie dibuat oleh Hanson Robotics yang berbasis di Hong Kong. Perusahaan pembuat robot itu sudah lama memproduksi robot yang menyerupai manusia atau humanoid. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya