Mengulas Keunggulan Galaxy A8 dan A8+

Samsung Galaxy A8 dan A8+ Resmi Dirilis
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Samsung Galaxy A8 dan A8+ resmi melenggang di Tanah Air. Galaxy A8 dibanderol Rp6,5 jutaan dan Galaxy A8+ dihargai Rp8 jutaan. 

Samsung Konsisten Mengusung Kamera Ganda

Smartphone kelas premium Samsung ini memiliki tampilan layar tanpa tombol button dan infinity display, sehingga tampak luar tampilannya menjadi menawan. Lalu, apa keunggulan fitur Samsung A8 dan A8+ yang perlu Anda ketahui? 

Layar nyaman digenggam

'Si Pintar' Bixby Vision Hadir di Galaxy A8 dan A8+

Dengan infinity display dan tanpa tombol button sudah menjadi kepuasan tersendiri bagi pengguna. Sebab, tampilan layar yang full membuat pengguna puas ketika menikmati konten.

Ditambah luas bentang layar dengan bodi yang ramping, membuat nyaman dengan satu genggaman tangan. A8 dengan bentang layar 5,6 inci dan A8+ bentang layarnya 6 inci.

Samsung Galaxy A8 dan A8+ Meluncur di RI, Ini Harganya

Kamera depan selfie dan efek bokeh

Samsung menyematkan dual kamera selfie pada seri Galaxy A8 dan A8+. Seperti fitur kekinian, keduanya juga bisa menghasilkan efek bokeh. 

Dual kamera selfie dengan resolusi masing-masing 16 MP dan 8 MP dengan bukaan f1.9 dan kamera belakang dengan resolusi 16 MP bukaan f1.7.

Hasil bokeh yang dihasilkan sangat halus dan memuaskan. Bahkan, bokeh bisa diatur kembali setelah pengambilan gambar. 

Samsung Galaxy A8 dan A8+ resm dirilis di Indonesia.

Bixby Vision, si pintar asisten pribadi

Jika Anda doyan traveling, namun terkendala bahasa, Samsung Galaxy A8 dan A8+ bisa menjadi solusi 'ampuh'. 

Fitur kamera pada Galaxy A8 dan A8+ bisa menerjemahkan bahasa dan memberikan informasi tentang sebuah lokasi atau tempat wisata yang Anda tuju.  

Fitur ini bernama Bixby Vision, fitur ini bekerja dengan membaca sebuah foto. Letak fitur Bixby Vision ini ada di kamera. 

Cara menggunakannya cukup mudah, cukup buka kamera, pilih Bixby Vision kemudian bidik gambar. Teknologi canggih Bixby Vision akan membaca gambar tersebut. 

Untuk menerjemahkan, misal Anda berada di Belanda, kemudian terpampang informasi dalam bahasa Belanda. Anda bisa memotret informasi tersebut.

Samsung luncurkan Galaxy A8 dan A8+

Buka fitur Bixby Vision, bidik informasi dalam bahasa belanda, tunggu beberapa detik, pilih bahasa yang ingin diterjemahkan, lalu klik ikon 'terjemahan'. Hanya hitungan detik terjemahan pun muncul. 

Kemudian, untuk informasi tempat wisata, lakukan langkah yang sama. Cukup bidik tempat wisata yang belum Anda ketahui, misalnya Menara Pisa, Italia. Setelah difoto, informasi mengenai Menara Pisa otomatis muncul beberapa detik setelah dibidik. 

Tahan air dan debu

Dengan teknologi IP68, membuat Galaxy A8 dan A8+ memiliki daya tahan terhadap debu dan air. 

Performa tetap kokoh meski berada di dalam air kedalaman sampai 1,5 meter, dengan batas waktu 30 menit. 

Selain keunggulan-keunggulan tersebut,  Galaxy A8 dan A8+ juga sudah dilengkapi dengan fitur keamanan pemindai wajah dan sidik jari yang terletak di bagian belakang bodi. 

Galaxy A8 dan A8+ masing-masing memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar. Galaxy A8 4GB RAM dan ROM 64 GB, sedangkan Galaxy A8+ memiliki 4/6 GB RAM dan 32/64 GB ROM. 

Sistem operasi Android 7.1.1 dan dapur pacu ditenagai prosesor Octa Core (2.2 GHz Dual + 1.6 GHz Hexa). Kapasitas baterai, 3.000 mAh untuk Galaxy A8 dan 3.500 mAh untuk Galaxy A8+.

Kelemahan

Smartphone dengan fasilitas dual kamera serta punya efek bokeh sedang menjadi tren. Apalagi dual kamera selfie, para vendor merilis produk dengan teknologi yang sama. 

Tapi, ada pula vendor yang semakin maju dengan menyematkan kamera ganda di sisi depan dan belakang dengan efek bokeh. Misalnya, Huawei dengan produknya Nova 2i, yang masuk dalam kelas menengah bagi Huawei. 

Sementara itu, Samsung, dengan membawa nama smartphone kelas premiumnya, kembali meluncurkan smartphone dengan dua kamera dan efek bokeh. 

Huawei Nova 2i

Huawei Nova2i

Dari sisi harga, Samsung memang jauh dari Huawei Nova 2i. Harga terendah misalnya Galaxy A8 Rp 6,5 jutaan, sedangkan Huawei Nova 2i dibanderol Rp4 jutaan. 

Sementara itu, di sisi RAM, Huawei Nova 2i juga tidak kalah, dengan RAM 4GB. Begitu juga kapasitas baterai, yaitu 3.340 mAh. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya