Deteksi Diabetes Kini Cukup Lewat Ponsel

Analisis diabetes melalui aplikasi Cekmata.com
Sumber :
  • Dokumen Cekmata.com

VIVA – Mendeteksi luka diabetes kini semakin mudah, cukup pindai bagian tubuh melalui kamera ponsel atau perangkat mobile, kemudian akan muncul analisis luka tersebut.

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

Kemudahan deteksi diabetes berkat kolaborasi dua startup tanah air yang bergerak di bidang kesehatan, yaitu CekMata.com dan Caredise.com. Kolaborasi keduanya menghasilkan teknologi berbasis kecerdasan buatan artificial intelligence (AI) di ponsel pintar yang dapat mendeteksi luka diabetes atau ulkus.

Teknologi AI untuk mendeteksi luka diabetes ini hadir di aplikasi CekMata.com terbaru yang bisa diakses secara gratis lewat ponsel pintar. Kedua startup tersebut berharap, kehadiran fitur ini bisa membantu masyarakat dalam mendeteksi dini luka diabetes.

5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

Cara memakai fitur cek luka diabetes sangat mudah. Pengguna cukup membuka cekmata.com dari aplikasi browser ponsel pintar, kemudian login dengan akun Google atau Facebook, dan mengambil gambar lukanya dengan kamera di ponsel pintar. Secara otomatis, CekMata.com akan menganalisis serta menginterpretasi apakah luka pasien dalam tahap penyembuhan normal (granulation), infeksi (infection), atau dalam kondisi kematian jaringan (necrosis).

Fitur cek luka diabetes di aplikasi CekMata.com telah melewati tahap data training pada ribuan foto luka serta pengujian langsung pada lebih dari 330 pasien yang mengalami luka diabetes. Tingkat akurasinya dalam mendeteksi luka diabetes kini mencapai 86 persen.

Bukan Jam 7, Ini Waktu yang Tepat untuk Makan Malam

“Teknologi yang kami gunakan yaitu artificial intelligence. Teknologi ini dapat membantu pasien dalam mengenali kondisi luka diabetes secara dini. Didukung teknologi deep learning, luka dapat diidentifikasi menjadi 3 kategori yaitu luka penyembuhan normal, infeksi, atau dalam kondisi kematian jaringan,“ ujar Co-Founder sekaligus CTO CekMata.com, Albert Samadhi dalam keterangannya kepada VIVA, Rabu 11 JUli 2018.

Setelah pengguna memeriksa luka di CekMata.com, fitur ini juga menyediakan informasi dari caredise.com yang dapat menghubungkan pasien dengan perawat spesialis yang berada dekat di sekitarnya.

“Deteksi dini mengenai kondisi luka diabetes sangatlah penting. Seringkali pasien datang dengan kondisi luka sudah mengalami infeksi yang parah atau kematian jaringan sehingga memerlukan penanganan lebih serius. Penting sekali pemeriksaan luka secara dini serta penanganan yang tepat," ujar Co-Founder sekaligus CEO Caredise.com, Ilzam Nuzulul Hakiki.

CekMata.com dan Caredise.com berharap, kehadiran solusi end to end mereka dapat meningkatkan kesadaran para penderita diabetes apabila mengalami luka dan sesegera mungkin memeriksanya.

Pada 2015, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat, sekitar 1,6 juta kematian secara langsung disebabkan oleh diabetes. Sebanyak 2,2 juta kematian lain disebabkan oleh glukosa darah yang tinggi menurut data pada 2012. Diabetes juga jadi penyebab penting atas kebutaan, amputasi, dan gagal ginjal.

Orang dengan diabetes punya harapan hidup lama dan sehat ketika diabetes mereka terdeteksi dan dirawat dengan baik. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya