Startup Penjualan Motor Online Dapat Kucuran Rp17 Miliar

Startup Moladin
Sumber :
  • Dokumen Moladin

VIVA – Platform penjualan motor online, Moladin, mengumumkan telah mendapat suntikan dana dari sekelompok ventura kapital. Pendanaan tersebut diterima Moladin agar bisa mengepakkan sayapnya ke wilayah bisnis lainnya di Indonesia.

Startup Kripto Ini sedang Bahagia

Situs jual beli motor yang meluncur di Indonesia sejak akhir tahun lalu itu memang menarik perhatian investor. Perusahaan rintisan itu diklaim telah mengalami peningkatan yang signifikan dalam penjualannya per bulan. Rata-rata setiap bulan penjualannya tumbuh 20 sampai 30 persen dengan total nilai transaksi US$1 juta. Bahkan mereka mengaku telah bekerja sama dengan lebih dari 40 diler dan perusahaan leasing di Indonesia.

Pembentukan platform online Moladin ini sejatinya berdasar dari keinginan untuk membuat masyarakat semakin mudah dalam membeli motor yang diinginkan. Selain mempermudah, juga memangkas waktu kunjungan ke diler.

Startup Lokal Ini Ingin Menyuburkan Benih Revolusi

"Rata-rata konsumen harus membuat 2-3 kali kunjungan ke diler untuk mendapatkan motor yang diinginkan. Kemudian dilanjutkan dengan proses pembelian yang memakan banyak waktu dan rumit, mulai dari transaksi pembayaran hingga registrasi nomor plat," ujar Co-Founder Moladin, Jovin Hoon dalam keterangannya, Kamis 12 Juli 2018.

Dia mengatakan, faktor lain yang mendorong pertumbuhan Moladin adalah dengan adanya diskon besar yang ditawarkan.

Otorita IKN Dukung Pengembangan Ekosistem Startup di IKN

Tidak heran jika kemudian Moladin dilirik oleh tiga perusahaan ventura seperti East Venture, Berjaya Group dan Ethos Partners dan berani menyuntikkan investasi sampai US$ juta atau setara dengan Rp17,1 miliar. Menurut mereka, volume penjualan Moladin pada Mei 2018 terlihat meningkat tiga kali lipat sejak awal Januari.

"Masih banyak ruang untuk bertumbuh di industri sepeda motor. Kami percaya bahwa model bisnis mereka akan mendominasi pasar dengan semakin banyaknya orang yang merasa nyaman untuk membeli sepeda motor secara digital.” ujar Managing Partner East Ventures, Wilson Cuaca.

Moladin didirikan atas keinginan kedua pendirinya, Jovin Hoon dan Mario Tanamas, untuk memberikan solusi dalam proses pembelian motor. Dengan visi menjawab segala kebutuhan setiap biker Indonesia dan mengubah industri, termasuk memberikan kemudahan untuk konsumen untuk membeli motor tanpa harus datang ke setiap diler.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya