Appcelerate Berburu Startup Muda, Lebih Beda Tahun Ini

Kick off Appcelerate 2018
Sumber :
  • Dokumen Lintasarta

VIVA – Penyedia solusi teknologi informasi, Lintasarta kembali berburu startup melalui program Appcelerate 2018. Inkubasi startup tahunan ini kali ini mengusung warna yang berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. 

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Appcelerate merupakan realisasi program sosial Lintasarta dalam bentuk kompetisi rencana bisnis yang berfokus pada inovasi produk berbasis aplikasi digital, seperti aplikasi mobile maupun web, yang memiliki nilai bisnis dan dapat diterapkan untuk mendukung berbagai sektor industri dan pemerintahan. 

Kompetisi ini terbuka untuk kelompok beranggotakan mahasiswa dan alumni Perguruan Tinggi Negeri maupun swasta di kota Surabaya dan Malang

Menkeu Sebut Jumlah Dana Pemda Mengendap di Bank Capai Rp 180,9 Triliun

Pada tahun ini, Appcelerate memilih memilih bidang startup lebih khusus, namun memperluas cakupan peserta, tak hanya dari lingkungan satu perguruan tinggi saja di Jawa Timur saja. 

"Bedanya tahun ini lebih spesifik tema industri yaitu bank, non bank, dan smart city. Lalu tahun ini dibuka untuk non ITS (Institut Teknologi Surabaya). Semua perguruan tinggi di Surabaya dan Malang," jelas Appcelerate Program Director Lintasarta, Ryo Naldho kepada VIVA, Jumat 21 September 2018. 

Permudah Transaksi Jemaah Haji, Kartu Debit Bank Muamalat Sudah Bisa Nirsentuh

Dia menuturkan, khusus untuk ITS, inkubasi startup akan diarahkan ke kategori smart city, namun tetap membuka proposal startup untuk kategori bank dan non-bank. 

Pria yang akrab disapa Aldo ini menuturkan, Lintasarta dalam program ini akan mengawal startup dari awal sampai jadi. Perusahaan menginkubasi dan membantu komersialisasi startup

"Kami akan membantu proses go to market juga. Untuk komersialisasi Lintasarta punya 2400 pelanggan korporasi," ungkapnya. 

Dia memastikan, startup jebolan Appcelerate 2018 ini bakal bertemu dengan pengguna akhir. Sebab nantinya akan dipertemukan dengan pelanggan Lintasarta tersebut. 

"Kalau cocok, iya akan kerja sama (dengan pelanggan Lintasarta)" tuturnya. 

Kick off startup

Untuk mengawali Appcelerate 2018, Lintasarta menggelar kick off Creative Application Development Competition Appcelerate 2018 Surabaya, bersama ITS Surabaya mengadakan di Gedung Robotika ITS, Surabaya, Jawa Timur, Kamis 20 September 2018. 

Acara ini mengawali rangkaian Appcelerate 2018 yang meliputi seleksi proposal rencana bisnis, inkubasi bisnis, hingga presentasi final di hadapan direksi Lintasarta.

Kick off Appcelerate ITS 2018 dibuka oleh Rektor ITS Surabaya, Joni Hermana dan General Manager East Indonesia Regional, Agus Triyanto yang sekaligus meresmikan rangkaian acara kegiatan. 

Pembicara dalam kick off ini yakni pakar perbankan Okky Aditya Putra, pakar asuransi Yudhi Ferraro, Head of Dept Business Management ITS Imam Baihaqi, Kabid E-Gov Diskominfo Surabaya Yudho Sebriadi.

Pembicara memaparkan hal penting dari industri keuangan bank, keuangan non-bank, dan smart city dalam berbagai aspek bisnis. 

Selain memberikan gambaran mengenai topik permasalahan yang dapat diselesaikan oleh para calon peserta menggunakan media aplikasi digital, kegiatan ini ditujukan untuk menyosialisasikan rangkaian Appcelerate 2018. 

Dengan resmi dibukanya Appcelerate 2018, para peserta diberikan kesempatan untuk menyusun proposal rencana bisnis sebaik mungkin, sebelum akhir masa pengiriman proposal melalui website Appcelerate (its.appcelerate.id) pada 19 Oktober 2018.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya