idEA: Peritel Bebas Jualan Atribut Politik di E-Commerce

Ketua Umum idEA, Ignatius Untung.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Lazuardhi Utama

VIVA – Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia atau idEA, Ignatius Untung mengatakan, banyak peritel yang menjual berbagai atribut politik di e-commerce. Atribut ini antara lain kaos, stiker hingga bendera.

Kapolri Sebut Kedewasaan Politik di 2024 Jauh Lebih Baik Dibanding 2019

Beredar atribut politik ini lantaran memasuki tahun pemilihan umum calon legislatif dan presiden serta wakil presiden yang digelar pada 17 April mendatang.

"Ya, memang ada beberapa yang menjualnya secara eceran. Ini sama seperti momen pemilihan kepala daerah serentak tahun lalu," kata Ignatius kepada VIVA, Selasa, 12 Februari 2019.

Prabowo Lempar Guyon soal Pers: Kadang-kadang Kalian Meresahkan Pimpinan Politik

Ia menuturkan, bahwa data peritel yang menjual atribut politik ini belum ada. Mengenai data transaksi, Ignatius mengklaim hanya peritelnya saja yang mengetahui angka pastinya.

Ia pun menegaskan bahwa tidak ada aturan khusus bagi para peritel yang berjualan atribut politik di e-commerce. "Bebas saja. Tidak ada aturannya juga," ujarnya menjelaskan.

Angin Segar untuk Startup Pemula

Lantas, VIVA mencoba menelusuri penjualan atribut politik di salah satu e-commerce, Shoppe, dengan memasukkan kata kunci 'Jokowi' dan 'Prabowo'.

Hasilnya ditemukan beberapa kaos, rompi, topi, buku, pin, velcro, pengharum mobil, mug, payung, sampai jaket. (mus)

Presiden RI terpilih Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Rabu, 24 April 2024

PKB Perkuat Politik Islam dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran, Menurut Pengamat

Pengamat menilai masuknya PKB memperkuat politik Islam dalam pemerintahan pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024