Uniknya Aplikasi Jodoh Khusus untuk Sapi

Ilustrasi sapi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA – Kencan bukan cuma menjadi kebutuhan kaum muda mudi dan manusia pada umumnya. Mamalia seperti sapi juga butuh kencan dan mencari jodoh. Nah beriringan dengan hari Valentine, muncul sebuah aplikasi kencan dan jodoh khusus untuk sapi. Aplikasi ini bernama Tudder. 

2024 jadi Tahun Krusial bagi Industri Kripto Indonesia

Dari nama memang unik. Tudder terinspirasi dari aplikasi kencan populer yakni Tinder dan digabungkan dengan 'udder' yang artinya mamalia termasuk sapi. 

Dikutip dari Digital Journal, Minggu 17 Februari 2019, melalui aplikasi ini peternak bisa membantu mencarikan pasangan untuk sapi mereka. 

Detik-detik Roket Space One Meledak di Udara Setelah 5 Detik Diluncurkan

Peternak bisa mencari sapi incaran melalui aplikasi, mencari yang sesuai berbasis foto dan data sapi incaran, sebelum nanti memutuskan membeli sapi itu untuk jadi pasangan sapi mereka sebelumnya. 

Aplikasi ini dibuat oleh startup peternakan Inggris, Hectare Agritech. Kepala Eksekutif Hectare Agritech, Doug Bairner mengatakan peternak bisa menemukan data yang meliputi hasil susu, kandungan protein atau potensi melahirkan sapi incaran. Dengan data tersebut, peternak setidaknya tidak merugi untuk mencarikan pasangan untuk sapi mereka.

Telkomsel Berburu Startup

Kebetulan startup tersebut memiliki marketplace ternak online, SellMyLivestock. Jadi peternak nanti akan dihubungkan ke laman SellMyLivestock untuk berburu sapi incaran. Selain itu, startup ini juga punya platform perdagangan agrikultur teknologi daring, Graindex.

Startup pembuat aplikasi ini melibatkan perdagangan dengan Blockchain yang secara unik menghubungkan software peternakan dengan data base sapi, sehingga memberikan informasi real time dalam rantai pasokan makanan. 

"Memasangkan hewan ternak secara online lebih mudah dari menjodohkan manusia karena ada banyak data dari binatang ini yang memprediksi keturunan mereka bakal seperti apa," jelas Bairner. 

Hectare Agritech menuturkan, telah memiliki data lebih dari 42 ribu peternak di sembilan negara. 

Hadirnya aplikasi jodoh untuk sapi ini mendapat sambutan bagus dari peternak. Misalnya James Bridger, dia mengatakan aplikasi ini bisa mengurangi stres saat hewan dipindah dengan kendaraan.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya