2024, Ma'ruf Amin Sebut Akan Ada 3.500 Startup Baru di Indonesia

Ilustrasi startup.
Sumber :
  • TechCircle - VCCircle

VIVA – Palapa Ring disebut-sebut oleh Calon Wakil Presiden Nomor Urut 01, KH. Ma’ruf Amin, akan menjadi infrastruktur digital yang bisa diandalkan untuk mencetak perusahaan-perusahaan rintisan (Startup). Bahkan dia mengestimasi akan ada 3.500 startup baru untuk membuka lapangan kerja.

2024 jadi Tahun Krusial bagi Industri Kripto Indonesia

Hal ini disampaikan Ma'ruf saat menjawab pertanyaan Sandiaga, Cawapres 02, terkait tenaga kerja asing dan lokal. Saat ini, kata Ma’ruf, startup telah tumbuh dalam kurun 5 tahun belakangan.

"Dengan adanya infrasturktur digital (Palapa Ring), telah tumbuh usaha startup yang dalam tempo 5 tahun mengembangkan 1.000 startup. Di Iran, 1000 startup membutuhkan waktu sampai 10 tahun untuk terbentuk. 2024 nanti, estimasinya bisa menumbuhkan 3.500 startup sehingga membuka lapangan kerja," kata Ma'ruf Amien.

Detik-detik Roket Space One Meledak di Udara Setelah 5 Detik Diluncurkan

Ma'ruf menyebut Palapa Ring sebagai infrastruktur langit. Ini merupakan tambahan infrastruktur, selain yang ada di darat dan laut. Startup bisa menjadi salah satu solusi untuk menekan pengangguran di Indonesia, yang saat ini masih ada 7 juta. 

Sandi menyebut, pengangguran yang berjumlah 7 juta itu juga ditambah dengan kualitas lapangan kerja yang masih belum optimal. Tenaga kerja lokal harus bersaing dengan tenaga kerja asing, yang saat ini melenggang dengan nyaman di Indonesia tanpa ada kebijakan dari pemerintah untuk meminimalisir.

Telkomsel Berburu Startup

"Malah sekarang beberapa aturan ketat untuk tenaga kerja asing yang bekerja di sini telah dicabut oleh pemerintah. Salah satunya adalah harus bisa berbahasa Indonesia. Jika kami terpilih nanti, TKA harus bisa berbahasa Indonesia," kata Sandi.

OIKN saat diskusi pengembangan ekosistem start up

Otorita IKN Dukung Pengembangan Ekosistem Startup di IKN

Pembentukan ekosistem startup dan UMKM sangat penting dalam mencapai target Indonesia Emas 2045

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024