Tokopedia Fasilitasi UMKM Binaan BRI Jualan Lewat Halal Mall

Peresmian Halal Mall BRI di Tokopedia.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Misrohatun Hasanah

VIVA – Tokopedia dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk bekerjasama menyediakan tempat bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) melalui Halal Mall.

3 Rekomendasi HP Samsung Terbaik Harga Dibawah Rp 5 Juta, Bisa Buat Hadiah Lebaran

Menurut Vice President of Corporate Communication Tokopedia, Nuraini Razak, Halal Mall beroperasi seperti official store atau toko resmi di e-commerce.

Ia mengatakan Halal Mall memasarkan produk-produk dari UMKM binaan BRI yang menerapkan konsel halal, misalnya dari bahan-bahan baku produk tersebut.

Lebaran Makin Dekat, Yuk Intip Rekomendasi Gamis Lebaran 2024

Nuraini mengaku bahwa produk yang dipasarkan di Halal Mall tidak hanya makanan dan minuman, tetapi juga pakaian tertutup (modest fashion) serta kosmetik halal.

"Ini potensi besar karena saat ini belum ada e-commerce halal. Peluang juga bagi UMKM untuk memasarkan produk-produknya yang bersertifikasi halal," kata Nuraini di Jakarta, Senin, 6 Mei 2019.

Bertemu di Istana, Bos GOTO Dapat Pesan Khusus dari Jokowi

Ia juga mengungkapkan, dari total 5,5 juta mitra atau merchant yang bergabung dengan Tokopedia, terdapat dua ribu mitra yang mencantumkan logo halal di produk mereka.

Saat ini terdapat sekitar 100 UMKM dari Jabodetabek dan DI Yogyakarta yang bergabung ke Halal Mall untuk tahap awal.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Konsumer BRI, Handayani, menargetkan menggandeng seribu UMKM binaannya untuk bergabung ke Tokopedia di tahun depan.

"Total produk yang sudah bergabung ke Halal Mall mencapai dua ratus. Tentu, semuanya sudah dapat sertifikasi halal," jelasnya.

Handayani menegaskan, untuk memastikan bahwa produk tersebut halal, BRI mewajibkan UMKM menyertakan logo halal dalam produk yang dipasarkan di Halal Mall.

Serifikasi halal ini mengacu kepada peraturan yang berlaku di Indonesia. "Kami mencoba inisiatif untuk membangun perjalanan dan masuk ke dalam ekosistem halal," papar dia.

Ia optimistis pertumbuhan ekosistem halal akan luar biasa besar. Bahkan, Handayani melanjutkan, BRI akan mengirim tiga UMKM binaannya untuk ikut festival halal di Jeddah, Arab Saudi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya