Unicorn Ini Caplok Layanan Pesan Makanan, Pesaing GoFood dan GrabFood

Baemin asal Korea Selatan mengakuisisi Vietnammm
Sumber :

VIVA – Layanan pengiriman makanan asal Korea Selatan, Baemin, telah memasuki Vietnam, dengan mengakuisisi perusahaan lokal bernama Vietnammm. Baemin berada di bawah payung perusahaan Woowa Brothers.

Mantan Bos Gojek Bikin Motor Listrik, Ini Bocoran Wujudnya

Dilansir dari VN Express, Senin, 20 Mei 2019, Woowa Brothers mengumpulkan US$320 juta pada tahun 2018 dan menjadi startup unicorn Korea Selatan dengan valuasi mencapai US$2,6 miliar. Perusahaan ini mengatakan akan menggunakan modal baru untuk berekspansi ke pasar luar negeri termasuk Vietnam.

Didirikan pada Februari 2011, Vietnammm adalah salah satu pemain perintis di sektor pengiriman makanan di Vietnam. Didukung oleh Takeaway.com dari Belanda, startup ini mengakuisisi operasi Foodpanda di Vietnam pada tahun 2015.

Kunjungi Station F di Paris, Anindya Bakrie Ungkap Rencana Bangun Kampus Startup di IKN

Kini, Baemin akan menghadapi persaingan bisnis yang kuat dari perusahaan lokal dan asing di tengah ramainya pasar pengiriman makanan di Vietnam. Di antara pesaingnya adalah GrabFood yang masuk pada Juni tahun lalu. Pada Januari, Grab mengatakan layanannya telah mengalami peningkatan 25 kali lipat.

Selain itu, ada Go-Viet, afiliasi dari Go-Jek Indonesia, dan perusahaan lokal Now yang mengadakan promosi rutin untuk mendapatkan pangsa pasar yang lebih besar.

Startup Kripto Ini sedang Bahagia

Menurut pengamat, potensi pengiriman makanan akan tetap kuat. Sebuah survei terbaru terhadap 600 pengguna aplikasi pengiriman makanan menunjukkan bahwa 99 persen dari mereka memesan makanan secara online 2-3 kali sebulan, menurut perusahaan riset pasar lokal GCOMM.

Menurut perusahaan riset pasar Euromonitor, pasar pengiriman makanan Vietnam bernilai sekitar US$33 juta tahun lalu dan diperkirakan akan mencapai US$38 juta tahun depan. (ann)

Startup.

Angin Segar untuk Startup Pemula

Starventure memberi dukungan bagi para pelaku bisnis yang baru saja mulai atau startup pemula dengan penyediaan sumber daya dan keahlian.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024