Startup Teknologi Asuransi Beri Tips Mudik Aman

Mudik Jalur Pantura
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

VIVA – Menjelang Idul Fitri, sudah pasti banyak orang yang mempersiapkan perjalanan mudik ke kampung halaman. Selain mempersiapkan semua peralatan pendukung dan mengecek fasilitas yang akan digunakan, memiliki asuransi dirasa sebagai hal yang penting dan menciptakan rasa aman.

Otorita IKN Dukung Pengembangan Ekosistem Startup di IKN

Dikatakan pengembang PasarPolis, asuransi merupakan proteksi profesional yang akan memberikan pemudik rasa aman dan nyaman dalam perjalanan. Proteksi tidak hanya dibayarkan untuk hal-hal yang tidak diinginkan, tapi juga untuk delay penerbangan, atau kenyamanan saat menggunakan transportasi kereta.

Bagi penumpang pesawat, kini terdapat pilihan asuransi PasarPolis yang berlaku untuk penundaan penerbangan (flight delay) mulai dari satu jam.

Kenali Asuransi Kecelakaan Kerja dan Cara Mengklaimnya

"Kami selalu menerapkan sistem proaktif, alih-alih menunggu permintaan pelanggan. Ketika terjadi delay, sistem PasarPolis secara otomatis akan langsung mengirimkan pemberitahuan bagi pemegang polis bahwa mereka berhak untuk melakukan klaim asuransi,” ungkap Cleosent Randing, CEO dari PasarPolis. 

Data dari Korps Lalu Lintas Polri memprediksi jumlah pemudik di 2019 ini akan naik hingga 40 persen dibandingkan tahun lalu. Pesawat pun tetap menjadi salah satu moda transportasi mudik favorit tahun ini, dan diperkirakan akan mencatat tambahan jumlah penumpang sebesar dua hingga tiga persen.

Sun Life Gandeng CIMB Niaga Sediakan Asuransi Perencanaan Warisan Bagi Nasabah

Sedangkan data dari Kementerian Perhubungan pada periode Januari-Juni 2018, jumlah penerbangan di Indonesia yang mengalami keterlambatan mencapai 87.509 kasus. Ini berarti, satu dari lima penerbangan di Indonesia mengalami delay. Adapun Kemenhub mencatat kasus pembatalan penerbangan sebanyak 1.991 kasus atau 0.48 persen.

PasarPolis juga menjanjikan dua fitur utama untuk mempermudah pemegang polis, yaitu fitur klaim instan dan pembayaran instan. Tanpa perlu mengirimkan dokumen resmi dalam bentuk fisik, semua proses pencairan dapat dilakukan melalui website dimana saja dan kapan saja. Setelah disetujui, pembayaran klaim akan diterima oleh pemegang polis hanya dalam waktu beberapa menit.

“Layanan dan fitur ini sudah kami buktikan kemarin, pada tanggal 28 Mei 2019, dimana PasarPolis telah memproses dan menuntaskan lebih dari 30 pembayaran klaim hanya dalam hitungan menit,” tambah Cleosent.

Selain proteksi transportasi udara, PasarPolis menyediakan asuransi untuk perjalanan dengan kereta. Baik itu di kelas ekonomi maupun kelas paling eksklusif (kereta sleeper), pemudik bisa mendapatkan ketenangan ekstra dengan membeli asuransi perjalanan. Tahun ini, untuk mengantisipasi tingginya jumlah pemudik yang menggunakan kereta api, PT KAI Daop 1 Jakarta akan mengerahkan 58 KA jurusan reguler dan 20 tambahan KA khusus untuk Lebaran.

Tidak hanya melindungi pemudik sebelum dan selama perjalanan pulang kampung, PasarPolis juga menyediakan asuransi untuk rumah yang ditinggal mudik.

Perusahaan yang berdiri sejak tahun 2015 ini ternyata telah mendapatkan investasi pendanaan seri A dari tiga startup unicorn Indonesia, yaitu Go-Jek, Traveloka, dan Tokopedia. Investasi yang sangat besar ini sudah mulai terlihat hasilnya lewat kemampuan sistem teknologi PasarPolis yang mampu menghasilkan hingga 3 juta polis asuransi tiap harinya, dan memproses klaim serta pembayaran asuransi hanya dalam hitungan menit saja.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya