Logo WARTAEKONOMI

Shopping Chatbot Mudahkan Website E-Commerce Selama Ramadan

Shopping Chatbot Mudahkan Website E-Commerce Selama Ramadan. (FOTO: Unsplash/Andrew Neel)
Shopping Chatbot Mudahkan Website E-Commerce Selama Ramadan. (FOTO: Unsplash/Andrew Neel)
Sumber :
  • wartaekonomi

Fenomena belanja online sedang booming dan memengaruhi sektor di Indonesia. Faktanya, ada 80 juta masyarakat Indonesia berbelanja online secara aktif melalui smartphone.

Dalam menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri, Ramadan menjadi salah satu momen tersibuk bagi website e-commerce dengan meningkatnya jumlah kunjungan di dua minggu pertama Ramadan hingga menjelang Lebaran.

Menurut Asosiasi Pedagang Indonesia, Ramadan adalah waktu di mana orang-orang akan berbelanja 30% lebih banyak dari biasanya.

Jumlah kunjungan website e-commerce pun meningkat 152% lebih banyak di waktu sahur, yakni pukul 03.00–06.00. Setelah itu, kunjungan website kembali normal di waktu pagi dan meningkat sebesar 12% di jam istirahat siang dan menjelang waktu berbuka.

Dengan tren dan perubahan perilaku konsumen ini, industri e-commerce telah menyumbang US$12,2 miliar atau 45% terhadap pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia, yang kini telah mencapai US$27 miliar dari tiga tahun lalu yang hanya sebesar US$600 juta, menurut data dari Google tahun lalu.

Namun, masih ada kesenjangan di antara kenaikan total penjualan dan tingginya jumlah trafik website, sehingga para penjual harus lebih gencar mempromosikan barang dagangannya dan mencoba beriklan selama Ramadan.

Salah satu strategi yang dapat dilakukan oleh penyedia website e-commerce adalah memanfaatkan shopping chatbot. jenis ini dapat membantu bisnis e-commerce meningkatkan kepuasan dan kesetiaan para pelanggan.