Kemenkominfo dan Shopee Fasilitasi UMKM Go Online

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Kemenkominfo dan Shopee
Sumber :

VIVA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) dan perusahaan e-commerce Shopee bekerja sama memfasilitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk go online. Program tersebut bertujuan untuk pemerataan akses pasar melalui platform digital dan meningkatkan ekonomi kerakyatan. 

"Hari ini diwujudkan dari kesamaan misi dan visi PT Shopee Indonesia dan Kominfo untuk memajukan ekonomi digital khususnya untuk UMKM di seluruh Indonesia, kami melakukan penandatanganan perjanjian fasilitasi UMKM Go Online," kata Direktur Shopee Indonesia, Handhika Jahja, di kantor Shopee, Jakarta, Senin, 1 Juli 2019. 

Handhika menjelaskan, pihaknya menyadari pertumbuhan dari segala sektor di Indonesia. Mulai dari ekonomi, bisnis, digital terutama yang berasal dari UMKM akan sangat kuat dan stabil untuk memajukan ekonomi negara ini. 

Diikuti Persija dan PSM, ASEAN Club Championship Mulai Bergulir 17 Juli 2024

Itu juga yang membuat Shopee akan terus mendukung program pemerintah. Termasuk di dalamnya adalah UMKM Go Online. "Kami akan terus mendukung perkembangan ini dan dimulai dengan beberapa program kami salah satunya adalah UMKM Go Online." ujarnya. 

Dirjen Aptika Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan memberikan apresiasi terhadap Shopee atas program UMKM Go Online ini. 

UMKM Indonesia Bisa dengan Mudah Dapatkan Sertifikasi Produk Halal

Sebelumnya, program ini mencanangkan ada delapan juta UMKM yang bisa go online. Namun untuk tahun ini dia ingin agar pengusaha UMKM tak hanya eksis berbisnis di ranah digital tapi juga berkembang dari sisi lainnya. 

Pengembangan yang dimaksud bisa dibantu oleh Shopee dengan memberikan data mengenai tren penjualan untuk membantu para pengusaha UMKM, dan meningkatkan kesadaran pelaku usaha agar mendaftarkan produk dan karyanya pada Hak Kekayaan Intelektual (HKI). 

"Ini cara baru tahun 2019 kalau hanya online saja itu sudah tercapai 2018 kemarin sudah 8 juta. Saya maunya kualitasnya yang belum ada di online kan yang sudah ada ditingkatkan," kata Semuel. (ann)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya