Logo WARTAEKONOMI

Soal Bisnis Umroh, Menkominfo Bikin Traveloka-Tokopedia Gigit Jari

Menkominfo Buat Traveloka dan Tokopedia Gigit Jari. (FOTO: Tanayastri Dini Isna)
Menkominfo Buat Traveloka dan Tokopedia Gigit Jari. (FOTO: Tanayastri Dini Isna)
Sumber :
  • wartaekonomi

Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Rudiantara menegaskan kedua raksasa startup Traveloka dan Tokopedia hanya diizinkan untuk mengembangkan proses bisnis dari travel umroh ke dalam bentuk digital.

Hal tersebut sekaligus melarang perusahaan startup untuk menjadi penyelenggara umroh.

“Mereka tak akan menjadi agen travel umroh online,” ujarnya belum lama ini.

Lanjutnya, ia memastikan keduanya tidak akan mematikan agen travel umroh konvensional yang termasuk dalam Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU).

“Ini seharusnya kekhawatirannya (agen travel umroh konvensional) jadi hilang. Kan bukan PPIU, kalau dia PPIU baru artinya bisa mematikan. Nanti ada istilahnya menjadi duopoli atau apa. Ini kan tidak akan menjadi PPIU,” tegasnya.

Selain itu, ia menjelaskan Traveloka dan Tokopedia hanya mengembangkan proses bisnis dari agen travel umroh ke dalam bentuk digital. Termasuk mempermudah proses perizinan atau akses ketika melakukan perjalanan ke Saudi Arabia.

“Mereka menyiapkan proses bisnis dan nanti proses bisnisnya dalam bentuk digital. Dan ini bukan hanya Indonesia. Karena yang mengatur umroh siapa kewenangannya? Saudi. Kita tidak bisa pergi umroh kalau visa tidak keluar kan? Yang urusin visa siapa? Saudi. Ini ya semuanya (mempermudah perizinan dan perjalanan),” jelasnya.