Punya Jatah Bagasi tapi Tak Terpakai? Jual Saja di Aplikasi Tips
Kamis, 26 September 2019 | 12:12 WIB

Punya Jatah Bagasi tapi Tak Terpakai? Jual Saja di Aplikasi Tips

Memanfaatkan jatah bagasi penumpang untuk kirim barang.
CEO Tips Inovasi dan Founder Tips, Ryan A. Ronas.
Photo :
  • Dok. Tips

CEO Tips Inovasi dan Founder Tips, Ryan A. Ronas.

VIVA – Ketika kita bepergian dengan pesawat, berapa banyak dari kita yang tidak pernah memanfaatkan bagasi tersebut? Sekalipun ada, akan kita gunakan sebagai alat untuk ‘jasa titipan’ alias jastip oleh-oleh sanak kerabat. Kedua hal tersebut ternyata telah dimanfaatkan dengan lebih canggih lagi oleh beberapa anak bangsa lewat aplikasi bernama Tips.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik pada 2016, ternyata penggunaan jatah bagasi penumpang tidak terlalu banyak. Dalam aturan maskapai, biasanya penumpang selalu dibekali dengan jatah bagasi sekitar 15 sampai 20 Kg. Namun dari sekian banyak penumpang pesawat, hanya 42 persen yang memakai jatah bagasi tersbeut. Artinya, ada 58 persen penumpang potensial yang bisa dimanfaatkan untuk menjual bagasinya ke Tips.

Apalagi ditambah dengan data nilai transaksi e-commerce yang cukup besar di Indonesia, dan naik setiap tahunnya. Data menyebut, nilai transaksi e-commerce di Indonesia mencapai 78% per tahun, sehingga jasa pengiriman bisa mencapai 80 juta paket per bulan.

Dikatakan pendirinya, Ryan A. Ronas, yang juga didapuk sebagai CEO Tips Inovasi, platform digital ini dibuat karena dilatari konsep ‘Titipin Penumpang Saja’. Ini sekaligus menjadi kepanjangan dari nama aplikasi tersebut, Tips.