Crewdible, dari Titip Stok Barang Sampai Dapat Pendanaan Rp21 Miliar

Crewdible, dari Titip Stok Barang Sampai Dapat Pendanaan Rp21 Miliar

Rabu, 30 Oktober 2019 | 23:48 WIB
Awalnya hanya sebagai kerja sampingan pendirinya.
Ilustrasi belanja online.
Photo :
  • Paymill

Ilustrasi belanja online.

VIVA – Crewdible saat ini dikenal sebagai aplikasi jaringan pergudangan mikro yang siap membantu pedagang e-commerce. Aplikasi ini memanfaatkan fasilitas kosong seperti rumah, ruko, kantor dan gudang untuk dijadikan tempat penyimpanan pesanan jual beli online.

Saat ini, aplikasi Crewdible semakin besar dengan anggota yang banyak dan lokasi yang lebih luas. Bahkan mereka disebut telah mendapatkan pendanaan seri A dengan nilai Rp21 mliar dari Global Founders Capital (GFC).

Pendanaan sebesar itu tidak didapatkan oleh Crewdible dengan mudah. Diawali di tahun 2015, seorang anak bangsa bernama Dhana Galindra memulai proyek sampingan dengan nama Lean, brand olahraga yang dijual secara online. 

Dalam waktu singkat bisnisnya mulai naik daun. Tahun 2016, meski merupakan pekerja kantoran dan juga harus mengurus aktivitas lainnya, Dhana berencana untuk terus mengembangkan bisnis onlinenya. Dhana memutuskan untuk bermitra dengan karyawan yang bekerja di beberapa kantor logistik untuk menyimpan stok barang Lean dan memprosesnya ketika terjadi transaksi.