Bukalapak Bantah Data Penggunanya Diperjualbelikan, Pastinya Aman

CEO Bukalapak, Rachmat Kaimuddin.
Sumber :
  • VIVA/Novina Putri Bestari

VIVA – Bukalapak memastikan data pribadi penggunanya aman dari tangan peretas atau hacker. Hal ini menyusul kabar penjualan hampir 13 juta data pengguna di forum hacker, Raidforums.

Menerapkan Perlindungan Data Pribadi Bukan Tugas yang Mudah

Kepala Eksekutif Bukalapak, Rachmat Kaimuddin mengatakan, jika ancaman peretasan yang dilakukan oleh para pihak tidak bertanggungjawab terhadap industri teknologi digital selalu ada. Ia juga menegaskan jika saat ini data konsumen Bukalapak aman.

Rachmat menyatakan saat ada percobaan peretasan tahun lalu, Bukalapak telah menemukan sumbernya dan menguatkan keamanan data. Salah satu unicorn Indonesia itu juga terus mengingatkan penggunanya untuk mengambil langkah pengamanan secara berkala termasuk mengganti password serta menggandakan keamanan di sistemnya.

WNA Asal Rusia Kongkalikong dengan Hacker Meksiko Bobol ATM di Palembang

"Keamanan user data adalah prioritas kami sehingga dari waktu ke waktu, kami selalu mengimplementasi berbagai upaya demi meningkatkan keamanan dan kenyamanan para pengguna Bukalapak serta memastikan data-data pengguna tidak disalahgunakan," kata Rachmat di Jakarta, Rabu, 6 Mei 2020.

Lebih lanjut ia menjelaskan langkah-langkah pengamanan dalam sistem perlindungan berlapis saat menerima, menyimpan dan mengolah seluruh data pengguna. Misalnya saat menerima, Bukalapak menggunakan metode https sehingga data yang masuk tidak mudah diretas.

3 Langkah Antisipasi Ancaman Kejahatan Siber

Lalu saat menyimpan, perusahaan tersebut menerapkan metode perlindungan termutakhir dengan perlindungan berlapis. Rachmat menjelaskan saat menggunakan dan mengolah, Bukalapak melakukan monitor secara ketat jadi jejak orang yang mengakses, membaca, mengganti atau menghapus data terekam dengan baik.

"Untuk data-data yang sensitif seperti KTP, kami simpan di storage khusus dalam periode waktu tertentu yang dapat secara otomatis terhapus untuk melindungi privasi user kami," ungkapnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, laman Raidforums menawarkan data pengguna Bukalapak. Jumlahnya data yang dijual ada 12.957.573. Dalam keterangannya, penjualan tersebut menyangkut sejumlah data termasuk email, nama panjang, password, username, dan ulang tahun. Dalam kolom sampel terdapat contoh data yang diperjualbelikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya