Tokopedia, Bukalapak dan Shopee Sudah Hapus Jualan Surat Bebas Corona
Kamis, 14 Mei 2020 | 21:02 WIB

Tokopedia, Bukalapak dan Shopee Sudah Hapus Jualan Surat Bebas Corona

Surat keterangan bebas Corona hebohkan industri e-commerce.
Beredar surat keterangan bebas Corona atas nama RS Mitra Keluarga dijual di e-commerce.
Photo :
  • VIVA/Isra

Beredar surat keterangan bebas Corona atas nama RS Mitra Keluarga dijual di e-commerce.

VIVA – Warganet heboh karena menemukan praktik penjualan Surat Keterangan Bebas Virus Corona di tiga e-commerce, yaitu Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee. Ketiganya pun buka suara soal jualan surat keterangan bebas Corona tersebut. Berikut pernyataan ketiganya kepada VIVA, Kamis, 14 Mei 2020:

Tokopedia

External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, mengatakan pihaknya telah menindak produk dan atau toko yang dimaksud sesuai prosedur.

"Tokopedia terus melakukan upaya untuk memastikan berbagai produk yang dijual dalam platform kami sesuai dengan peraturan yang berlaku, baik dari sisi jenis produk, harga, kesesuaian judul maupun deskripsi. Jika ada penjual yang melanggar, Tokopedia berhak melakukan tindakan berupa pemeriksaan, penundaan atau penurunan konten, serta tindakan lain sesuai prosedur," kata Ekhel.

Ia juga mengajak masyarakat bisa melaporkan produk yang melanggar syarat dan ketentuan Tokopedia ataupun hukum yang berlaku di Indonesia. E-commerce tersebut telah memiliki fitur Laporkan pada laman produk. Menurutnya jika tidak terjadi transaksi pada produk penjualan surat pernyataan sehat Covid-19 di Tokopedia.