Sekarang Bisa Isi Ulang TapCash di Aplikasi Gojek

Kerja sama BNI dan Gopay.
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA – Kondisi dunia usaha saat ini yang sangat dinamis dan terus berubah telah membuat hubungan antar entitas bisnis saling ketergantungan atau interdependensi, sehingga pasar tidak lagi dimasuki dengan kompetisi, melainkan dengan ikatan kolaborasi yang saling menguntungkan.

BNI Bakal Terbitkan Global Bond US$500 Juta, Jadi Incaran Investor Asing

Demikian yang dilakukan oleh PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI dengan PT Dompet Anak Bangsa (Gopay). Keduanya memutuskan bekerja sama dengan menyatukan fasilitas transaksi elektronik yang dimiliki masing-masing, yaitu uang elektronik dari BNI atau Kartu TapCash dengan Gopay dari perusahaan penyedia jaringan transportasi, Gojek.

Direktur Bisnis Konsumer BNI Corina Leyla Karnalies mengatakan pengguna Kartu TapCash dapat mengisi ulang deposit melalui Gopay disertai dengan proses update balance setelahnya.

Bank Muamalat Cetak Laba Rp 14,1 Miliar pada 2023, Aset Tumbuh 9 Persen

Dalam menghadapi era new normal akibat pandemi COVID-19, pemerintah menganjurkan masyarakat untuk tetap menerapkan transaksi nontunai. Ia meyakinkan masyarakat supaya tidak perlu khawatir jika saldo TapCash mereka kurang atau habis.

Selain bisa isi ulang melalui jaringan BNI, pengguna juga sudah bisa melakukannya lewat aplikasi Gojek. "Seperti kita ketahui, pengguna aplikasi Gojek sudah tersebar di Indonesia. Sehingga besar kemungkinan pengguna TapCash juga memiliki aplikasi Gojek di smartphone," ungkap dia, dalam konferensi pers virtual, Senin, 29 Juni 2020.

Revisi UU ITE Disahkan, Privy Siap Amankan Transaksi Keuangan Digital

Oleh karena itu, Corina melanjutkan, BNI ingin mempermudah pengguna TapCash dalam melakukan isi ulang. Caranya, pengguna hanya perlu membuka aplikasi Gojek, pilih fitur GoBills, kemudian pilih menu isi ulang uang elektronik, lalu pilih TapCash.

"Setelah isi ulang berhasil, pengguna dapat langsung melakukan update balance pada Aplikasi Gojek. Pastikan smartphone-nya memiliki fitur Near-Field Communication (NFC),” ujar Corina.

Masyarakat dapat melakukan isi ulang saldo TapCash mulai dari Rp20 ribu hingga Rp500 ribu. Sebab, sesuai ketentuan regulator bahwa batas maksimum saldo uang elektronik berbasis kartu, salah satunya TapCash, adalah sebesar Rp2 juta. Informasi saja, TapCash merupakan kartu uang elektronik yang diterbitkan oleh BNI.

Kartu TapCash dapat digunakan untuk pembayaran transportasi umum seperti Commuterline, TransJakarta, MRT, LRT, Railink, hingga transaksi di berbagai toko retail BNI seperti restoran, bioskop, dan minimarket. Hingga Mei 2020, sudah terdapat lebih dari 7 juta kartu TapCash yang tersebar di seluruh Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, Managing Director Gopay Budi Gandasoebrata mengklaim selalu menjadi andalan masyarakat dengan terus berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk memenuhi kebutuhan para pengguna. Salah satunya melalui kerja sama dengan BNI.

"Kerja sama ini bertujuan untuk mendukung transaksi nontunai tanpa kontak dan memudahkan para pengguna Gopay yang juga pengguna BNI TapCash untuk melakukan isi ulang TapCash dengan Gopay melalui aplikasi Gojek," jelasnya.

Budi menuturkan, kerja sama ini menjadikan TapCash sebagai kartu uang elektronik pertama yang bisa isi ulang dengan Gopay di aplikasi Gojek. "Ke depannya, kami akan terus berkolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk perbankan, untuk memberi kemudahan dan kebebasan masyarakat Indonesia dalam bertransaksi nontunai," papar dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya