Ada Simbiosis Mutualisme antara UMKM, E-Commerce, dan Media Sosial

Ada Simbiosis Mutualisme antara UMKM, E-Commerce, dan Media Sosial

Kamis, 2 Juli 2020 | 20:15 WIB
Pemanfaatan media digital bagian dari strategi pemasaran.
Ilustrasi UMKM.
Photo :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Ilustrasi UMKM.

VIVA – Di masa pandemi Virus Corona COVID-19, pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia dan Asia Tenggara sudah dapat beradaptasi dengan keadaan, atau yang disebut new normal. Mereka memanfaatkan media digital dan mengubah strategi pemasaran serta produksi untuk mendongkrak penjualan.

Komisaris Utama SEA Group, Pandu P Sjahrir menjelaskan, pemanfaatan digital menjadi salah satu cara UMKM mempercepat pertumbuhan ekonomi. Dari hasil riset yang dilakukan Sea Insights, sebanyak 70 persen pelaku UMKM mengaku akan terus memanfaatkan e-commerce dan media sosial untuk berjualan dan berbelanja.

"Studi Data Digitalisasi Selamatkan UMKM Indonesia memberi pengertian yang mendalam terhadap laju perkembangan ekonomi digital dan pemanfaatan digital di Asia Tenggara, khususnya Indonesia," kata dia, melalui konferensi pers virtual, Kamis, 2 Juli 2020.

Berita Terkait :
)
Saksikan Juga