Saingan Banyak, E-Commerce Harus Putar Otak untuk Bertahan

Ilustrasi startup.
Sumber :
  • Stanford Graduate School of Business - Stanford University

VIVA – Perubahan pola konsumsi digital selama pandemi Virus Corona COVID-19 akan menghasilkan perubahan baru pada perekonomian Indonesia, terutama dalam ekonomi digital, yakni mempercepat transformasi ekonomi Indonesia.

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

Melihat hal tersebut, infrastruktur digital akan terus menjadi dukungan utama bagi sebagian besar kegiatan produktif di masyarakat. Platform e-commerce Hotelmurah.com, misalnya, membidik segmen anak muda atau milenial yang doyan traveling sebagai target pasar.

Hal itu sebagai strategi perusahaan untuk memasuki prakondisi menuju adaptasi kenormalan baru atau new normal. Kepala Eksekutif Hotelmurah, R Ari Sudradjat mengatakan, meski masih dalam kondisi COVID-19, namun dirinya punya keyakinan bisnis hospitality akan berkembang pascapandemi.

KPK Cecar Fadel Muhammad soal Dugaan Kasus Korupsi APD di Kemenkes RI

Dipakai kapan saja

Apalagi saat ini industri pariwisata merupakan salah satu sektor yang terkena dampak Corona. Ia pun mengaku memiliki strategi penjualan voucher hotel yang bisa dibeli sekarang dengan harga sangat murah, namun bisa digunakan untuk menginap kapan saja sampai tahun depan.

Cerita Anne Avantie Bangkrut, Temukan Kebahagiaan di Tempat Tak Terduga

"Misalnya, hotel yang biasanya bertarif Rp700 ribu, dijual hanya Rp400 ribu. Itu bisa dipakai bebas kapan saja. Meski harus saya akui target tahun ini hanya tercapai 70 persen dari yang diharapkan,” katanya, dalam konferensi pers virtual, Kamis, 2 Juli 2020.

Ari melanjutkan, Hotelmurah juga menyediakan layanan tiket pesawat terbang, tiket kereta api, pulsa, paket data, hingga pembayaran listrik. Hal ini karena banyaknya permintaan dari konsumen.

Ilustrasi tagian listrik PLN membengkak.

"Untuk bersaing dengan pemain e-commerce lainnya, strategi yang kami jalankan adalah memberikan harga terbaik, pengalaman memesan yang mudah, serta dukungan customer service yang baik,” ungkap dia.

Selain penginapan, e-commerce yang sudah beroperasi sejak akhir 2017 ini mempunyai satu strategi andalan lainnya, yakni program diskon dan cashback sebesar Rp1 juta – diskon langsung Rp500 ribu dan sisanya cashback – untuk tagihan listrik dengan nominal Rp20 juta.

"Jadi, jika tagihan listrik pengguna capai Rp20 juta, maka yang dibayarkan cukup Rp19,5 juta, ditambah lagi dengan cashback Rp500 ribu," papar Ari. Cara bayarnya pun sangat mudah. Cukup masukkan ID pelanggan listrik, lihat tagihan, lalu saat akan membayar masukkan kode promo melalui aplikasi ataupun situs Hotelmurah.

Pengembangan program ini, menurut Ari, bertujuan membantu pelanggan listrik yang mengalami kenaikan tagihan akibat pandemi COVID-19. Terlebih, pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) membuat banyak orang beraktivitas di rumah, sehingga tagihan listrik membengkak.

"Selain cashback dan diskon, benefit utama dari program ini adalah pembayaran dilakukan secara online, sehingga lebih aman. Adapun periode progam ini berlangsung sejak sejak 15 Juni hingga 1 Sptember 2020,” jelas Ari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya