Dikecam, Aplikasi Israel Bom Gaza di PlayStore

Bomb Gaza apps
Sumber :
  • PlayStore
VIVAnews
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Temui Presiden Jokowi di Istana
- Entah apa yang terpikirkan oleh pembuat permainan satu ini. Ia memanfaatkan konflik yang terjadi di jalur Gaza akibat serangan Israel dengan membuat aplikasi permainan yang bisa diunduh di Google Play Store.

Pengamat sebut Hadirnya Anies dan Muhaimin di KPU Beri Legitimasi Hasil Pemilu

Dilansir dari
Kata Shin Tae-yong Usai Heerenveen Izinkan Nathan Tjoe-A-On Kembali ke Timnas Indonesia U-23
Independent , Selasa 5 Agustus 2014, aplikasi permainan ini bernama 'Bomb Gaza'. Pengguna dimungkinkan untuk mendapatkan sejumlah point dengan mengendalikan pesawat yang terpajang bendera Israel di badan pesawat. Nantinya burung besi itu akan menjatuhkan bom ke arah militan Hamas yang ada di bawahnya.


Selain mendapat intruksi menjatuhkan sejumlah bom, pengguna juga harus bisa menghindari agar tidak membunuh warga sipil.


Semenjak diunggah pada 29 Juli lalu di Google Play Store, aplikasi sebesar 16,88 MB ini telah terpasang hingga 1.000 kali.


Mengenai adanya permainan tersebut, bukan pujian yang dilontarkan melainkan kritikan dan Google pun terkena imbasnya sebagai penyedia layanan aplikasi permainan itu di Android. Tak sedikit pengkritik yang berdatangan untuk meminta Google segera menghapus permainan Bomb Gaza.


"Ini adalah pelanggaran hak asasi manusia. Saudara yang terkasih meninggal di Gaza dan beberapa orang bodoh memutuskan untuk membuat game seperti ini," ujar Iqra Iqbal di bagian review aplikasi permainan tersebut.


Sedangkan Saadat Ali meminta kepada semua pengguna Android untuk mengeluhkan aplikasi ini. Mereka diminta untuk melaporkan aplikasi ini karena dianggap tidak patut berada di Google.


Selain di bagian review permainan, kritikan pun dilontarkan Elliot Clarkson di Twitter menanggapi aplikasi tersebut. Ia heran dan bertanya apakah Google Play tidak melakukan proses persetujuan hingga game tersebut lolos dari pengawasan.


Berdasarkan pantauan yang dilakukan
VIVAnews
, saat ini aplikasi permainan Bomb Gaza sudah tak terpanjang di Google Play Store.


Menurut laman
Independent
, selain Bomb Gaza, Google Play tidak hanya sekali meloloskan aplikasi serupa yang kontroversial. Tercatat sebelumnya pernah ada yang melibatkan pemboman di Gaza seperti 'Iron Dome' dan 'Assault Gaza: Code Red'. Untuk permainan terakhir, pengguna harus mengamankan wilayahnya dengan mengambil kontrol sebuah Pesawat nirawak atau Unmanned Aerial Vehicle (UAV) Israel yang dilengkapi dengan senjata canggih dalam mengamakan wilayah dari serangan musuh.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya