Inkubator Silicon Valley Ungkap Kekuatan Startup Lokal

Wesley Harjono (batik) dan Nayoko Wicaksono (blazer hitam).
Sumber :
  • VIVA.co.id/Avra Augesty

VIVA.co.id – Inkubator perusahaan rintisan atau startup asal Silicon Valley, Plug and Play (PNP) mengumumkan belasan startup pilihan yang beroperasi di Indonesia.

Penipu Makin Jago, GoFood Kian Peduli Keamanan Data Pribadi

Program akselerasi startup inkubator itu ramai dilamar startup yang ingin mengeksplorasi pasar Indonesia. PNP Indonesia mengungkapkan program batch pertama diikuti 400 startup dan hanya dipilih 11 startup pilihan.

Accelerator Director PNP Indonesia, Nayoko Wicaksono mengatakan, program inkubasi startup yang dijalankan PNP Indonesia mengeksplorasi pengalaman dan pengetahuan pelaku startup dari luar negeri dan Indonesia, untuk mengmbangkan ekonomi digital di Tanah Air.

Nilai Bisnis juga Tidak Kalah Penting di Era Digital

"Kami memang mengombinasi dengan startup dari luar. Bagaimana pengetahuan dan pengalaman mereka bisa bermanfaat di sini. Dari awal memang mix lokal dan luar," ujarnya di Jakarta, Senin 8 Mei 2016.

Namun, dia menegaskan, visi PNP Indonesia komitmen untuk memprioritaskan dan memunculkan karya startup anak bangsa.

Japan-Indonesia Innovation Summit 2022 Wadah Global Startup Lokal

Nayoko menjelaskan, meski mengelola startup luar negeri dan lokal, dia melihat startup lokal punya keunggulan dengan startup luar negeri dalam mengeksplorasi pasar di Indonesia.

Kelebihan startup asing

"Startup lokal kekuatannya punya pengetahuan lokal, mereka tahu seluk beluknya di sini. Sedangkan startup luar nggak tahu kultur lokal itu. Hal-hal dan taktik kecil di sini dia tahu," jelasnya.

Menurutnya, startup luar negeri yang ikut program inkubasi PNP Indonesia harus belajar dari eksplorasi kultur lokal yang dijalankan startup Tanah Air.

Unggul dengan peta lokalitas Tanah Air, Nayoko menuturkan, startup lokal masih minus dalam pengembangan teknis teknologi. Pada sisi itu, kata dia, startup luar negeri balik unggul dari startup lokal.

"Startup lokal perlu dibantu dari sisi pengetahuan teknikal, teknik teknologi," kata dia.

Dengan gambaran seperti itu, dia meyakini kolaborasi antara startup luar negeri dan lokal bisa menghasilkan kekuatan yang bagus.

Startup lokal makin bisa berkembang dengan sentuhan dan menjalankan keunggulan pengetahuan pada starup luar negeri.

Untuk diketahui PNP Indonesia hadir di Tanah Air memenuhi undangan Presiden Joko Widodo yang berkunjung di PNP pusat di Silicon Valley, Amerika Serikat pada tahun lalu.

Keberadaan PNP diharapkan bisa berkontribusi menumbuhkan ekosistem dan ekonomi digital di Indonesia. PNP Indonesia diluncurkan pada November tahun lalu di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya