VIDEO: Startup Bikin Bahan Kulit dari Mikroba

Ilustrasi membuat kulit dari mikroba
Sumber :
  • www.newsweek.com/ Modern Meadow

VIVA.co.id – Umumnya bahan kulit untuk barang fesyen berasal dari kulit binatang. Dengan perkembangan teknologi, kini memungkinkan mengganti kulit bintang itu dengan bahan alami, yakni mikroba. 

Startup Lokal Ini Ingin Menyuburkan Benih Revolusi

Sebuah perusahaan rintisan atau startup asal Brooklyn, Amerika Serikat, Modern Meadow mengembangkan bahan kulit dari mikroba. Startup ini memanfaatkan sel mikroba yang menghasilkan kolagen. Bahan ini merupakan bahan utama pada kulit.

Dikutip dari Mashable, Kamis 20 Juli 2017, untuk membuat kulit dari mikroba, tim peneliti perlu menumbuhkan mikroba dalam waktu dua pekan di laboratorium. Selama waktu tersebut, dilakukan modifikasi sel mikroba menjadi sampai tahap penyamakan akhir.

Otorita IKN Dukung Pengembangan Ekosistem Startup di IKN

Kulit yang dikembangkan startup ini ditumbuhkan dalam organisme hidup, kemudian direkayasa dan diadaptasi untuk menciptakan bahan layak dengan memanfaatkan peralatan canggihnya. Kulit dari organisme ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunaan.

Sampai saat ini belum jelas, kapan bahan kulit dari mikroba ini bisa masuk tahap produksi penuh, bisa terus berlanjut kapan. Belum jelas juga kapan bahan kulit dari mikroba ini bisa tersedia secara komersial di pasaran. 

2024 jadi Tahun Krusial bagi Industri Kripto Indonesia

Tapi Modern Meadow mengatakan, ada permintaan besar dari perancang dan pemilik merek untuk mengembangkan bahan baru kulit itu dengan kualitas yang unik. 

 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya