UI Didik Startup Lokal, Salah Satunya Crowdfunding

Kampus Universitas Indonesia (UI)
Sumber :
  • green.ui.ac.id

VIVA – Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia dan Pengembangan Kerja sama Universitas Indonesia, Hamid Chalid, menuturkan institusinya membantu pendanaan bagi perusahaan rintisan atau startup yang berada di bawah pembinaannya. Namun, ia enggan mengungkap angka untuk startup itu.

BNI Bakal Terbitkan Global Bond US$500 Juta, Jadi Incaran Investor Asing

"Kita memang menyediakan anggaran tapi tidak begitu besar. Itu pun anggarannya kita fokuskan pada riset. Angkanya bisa mencapai ratusan juta rupiah satu startup, " kata Hamid kepada VIVA.co.id, Rabu, 8 November 2017.

Oleh karena itu, ia membutuhkan kerja sama dengan pihak luar supaya startup ini berkembang menjadi perusahaan besar. Untuk proses pembinaan startup, ujar Hamid, berbeda-beda.

Ketahui Manfaat dan Risiko Saham Blue Chip, Dapatkan Dividen yang Konsisten

Dia mencontohkan satu dari delapan startup yang sudah diseleksi untuk memperkenalkan ide bisnisnya, InFista.

"Startup ini berupa crowdfunding atau pendanaan gotong royong. Artinya, mengumpulkan dana dari investor untuk disalurkan kembali ke pelaku usaha yang membutuhkan modal. Hasilnya, nanti dibagi dua sesuai dengan kesepakatan," ungkapnya.

Bank Muamalat Cetak Laba Rp 14,1 Miliar pada 2023, Aset Tumbuh 9 Persen

Intinya, kata Hamid, startup berbasis teknologi keuangan (financial technology) ini lebih dituntut ke transparansi dana. Sebab, mengumpulkan uang dari berbagai investor untuk ditempatkan di perusahaannya.

"Memang berisiko. Tapi risiko itulah menjadi tantangan. Yang paling penting bagaimana kita meyakinkan diri sendiri dan orang lain (investor) kalau risiko yang akan dialami kecil," terang Hamid.

Ilustrasi pergerakan saham

Saham Berdividen, Pilihan Terbaik untuk Investor Konservatif

Saham berdividen merupakan saham dari perusahaan yang secara rutin membayar dividen kepada para pemegang saham. Berikut ini penjelasan manfaat dan risiko saham berdividen

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024