Download Our Application
A Group Member of VIVA
img-thumb

viva.co.id

  • Selasa, 28 November 2017 | 14:33 WIB
  • Begini 'Wajah' Layanan Fintech di Masa Depan

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis,
    • Mitra Angelia
Ilustrasi fintech.
Photo :
  • Fintech News Switzerland/Pixabay
Ilustrasi fintech.

VIVA – Platform penyedia layanan pembayaran elektronik, Doku memperkirakan perusahaan teknologi finansial akan terus tumbuh dan berkembang dalam beberapa tahun ke depan. Beberapa tahun terakhir, perusahaan rintisan atau startup memang terus bermunculan, bahkan dilirik oleh pemodal ventura asing. 

Senior Vice President Product Doku, Richmond Aldien memprediksikan 'wajah' startup atau layanan teknologi finansial atau fintech ke depan terus berkembang seiring pertumbuhan digital dan sinergi dengan industri perbankan. 

"Kalau kita lihat berapa jumlah fintech yang bermuculan, ada yang bisa hitung? Enggak kan, jumlahnya banyak," ujar Richmond kepada VIVA, ditemui di Hotel Double Tree, Jakarta, Selasa, 28 November 2017. 

Richmond mencontohkan, selain bekerja sama dengan industri-industri UKM dan brand ternama untuk pembayaran transaksi. Fintech juga bisa untuk pembayaran tagihan seperti listrik dan lainnya, kemudian pembelian pulsa di mana saja berada. 

Lihat juga

Otomatis, Fintech lebih mempermudah aktivitas pengguna dan membuat lebih efektif dan efisien. 

Terkait dengan sinergi perbankan, menurut Richmond, platform fintech juga bisa membantu nasabah bank yang terkendala tidak memiliki nomor rekening. Misalnya, pemilik usaha bisa mengirimkan gaji karyawan ke platform fintech. 

Melalui sebuah aplikasi saja, karyawan nasabah bisa melakukan transaksi apa pun, tanpa perlu memiliki sebuah akun rekening. 

"Fintech pasti berkembang, (Doku) pertumbuhan transaksinya terus berkembang, permodalan pun ikut terpicu berkembang. Perkembangannya 3 tahun ke depan masih terus tumbuh," ujar Richmond. 

Saksikan Juga
Terpopuler