Tiga Hal dalam Perusahaan yang Diimpikan Generasi Digital

Ilustrasi bekerja di rumah.
Sumber :
  • www.pixabay.com/jeonghwaryu0

VIVA – Milenial atau generasi yang melek digital dan teknologi, kerap pilah-pilih perusahaan tempat bekerja. Bagi mereka setidaknya ada tiga hal dalam sebuah perusahaan yang diimpikan para milenial tersebut.

Millennial Sering Disebut Malas Nabung, Kenapa sih?

Hal ini diungkap Chief of Human Capital Officer Telkom Group, Herdy R Harman. Menurutnya, perusahaan zaman now harus menerapkan apa yang disebut Employee Value Position (EVP). Di tempatnya bekerja, diterapkan lingkungan yang menyenangkan, kreatif, dan dinamis.

"Kami tidak setengah hati menawarkan EVP kepada pencari kerja atau pegawainya. Manajemen ingin meningkatkan produktivitas pegawai yang disertai fasilitas, kenyamanan kerja, dan fleksibilitas jam kerja yang bertujuan merangsang kreativitas dan budaya inovasi," ujar Herdy dalam keterangannya, Sabtu, 23 Desember 2017.

Millennial Lebih Suka Perhiasan Minimalis dan Sederhana

Herdy yakin, milenial yang bekerja di perusahaannya adalah pegawai yang menginginkan perusahaan yang mendukung kreativitas, suasana kerja yang dinamis, dan lingkungan yang menyenangkan. Itu disebutnya sebagai kultur digital yang dikreasikan di sistem Telkom.

Selain itu, kata Herdy, Telkom menerapkan jam kerja yang tidak terlalu ketat meski secara formal tidak ditetapkan flexible time. Telkom tengah membangun employee center atau employee corner yang dilengkapi alat olah raga, alat musik, dan restoran dengan tujuan agar karyawan bisa fun.

Polri Siapkan Kejutan untuk Pengendara Millennial

"Telkom menyediakan aplikasi untuk karyawan agar bisa absen, bahkan bisa berkolaborasi pekerjaan dan knowledge management melalui aplikasi itu," ujar Herdy.

Di pinggir Jakarta seperti di BSD, Bogor, dan Bekasi, Telkom menyediakan satelite office. Tujuan penyediaan satelite office ini agar karyawan dapat bekerja di tempat tersebut dan berangkat ke kantor pusat sedikit siang.

Berkat penerapan ini, Telkom meraih Employer Branding 2017 versi Majalah Swa bekerjasama dengan firma konsultan global Korn Ferry Hay Group. Dalam survei Employer Branding 2017, Telkom berada di posisi puncak perusahaan paling dicari pelamar kerja dari sekitar 20 perusahaan besar yang disurvei. Telkom berada di urutan pertama karena difavoritkan oleh responden, yakni 20,68 persen dari jumlah total responden sebanyak 2.500 orang.

Responden untuk Employer Branding ini adalah pencari kerja yang terdiri dari 2.000 responden berstatus mahasiswa tingkat akhir dan 500 responden yang telah bekerja di perusahaan berusia di atas 26 tahun. Praktiknya, PT. Telkom menerima 52 ribu surat lamaran kerja setiap tahunnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya