Mengenal Artificial Intelligence di Smartphone

Oppo F7.
Sumber :
  • Dok. Ist

VIVA – Tahun ini smartphone yang muncul di Indonesia dilengkapi dengan Artificial Intelligence (AI). Vendor smartphone berbondong-bondong mengadopsi AI untuk menarik calon pembeli. Lalu apakah AI itu?

Berharap Implementasi AI Bisa Lebih Luas

AI, dalam bahasa Indonesia adalah kecerdasan buatan. Sistem itu kerap digunakan dalam mengembangkan sebuah robot. Dari awalnya hanya berupa lempengan besi yang bisa dibentuk menyerupai manusia atau hewan, kemudian bisa bergerak dan berjalan, dengan AI kerangka besi itu bisa berpikir dan menjawab pertanyaan layaknya manusia.

Laman Android Pit menggambarkan, AI sebagai sistem yang menggunakan mesin untuk mengemulasi dan mensimulasikan kecerdasan manusia dan merespons suatu hal layaknya manusia. Sistem ini bisa diimplementasi dengan menggunakan algoritma yang simpel dan terpola, tapi juga bisa lebih kompleks lagi.

AI Bisa Tahu Hidup dan Mati Manusia

Berdasarkan jenisnya, AI biasanya berhubungan dengan kinerja dan manipulasi mesin, baik menggunakan hardware dan software, termasuk dalam sebuah smartphone.

Smartphone yang beredar di Indonesia dan pertama kali mengadopsi AI adalah Oppo F5. Di sini, AI diadopsi sedemikian rupa untuk lebih memberikan performa kamera, khususnya selfie, yang lebih mumpuni. 

6 Laptop Bertenaga AI Siap Ramaikan Pasar Indonesia

Pada Oppo F5, AI dimaksudkan sebagai teknologi pengenal wajah dan juga di kamera. Cara kerjanya, pertama-tama teknologi AI akan mengenal wajah lebih akurat, sebab 254 titik posisi wajah ditilik secara detail. Mulai dari mata, hidung, bibir, dan bagian wajah lainnya. Kemudian AI akan menganalisis berdasarkan warna kulit, tipe wajah, gender, dan usia.

Selfie Oppo F7.

Setelah itu, teknologi AI akan melakukan personalisasi efek beauty. Membaca apakah pengguna pria atau wanita dan hasil jepretan lebih natural. AI akan menghasilkan beauty effect yang nyata. Inilah yang bisa membedakan pria maupun wanita. Begitu juga untuk fitur grup selfie, di mana teknologi AI mampu 'membaca' antara pria dan wanita.

Pasalnya, kamera selfie di smartphone biasanya menggunakan Beautify. Aplikasi ini terkadang membuat pria berbeda. Bukan membuat pria lebih ganteng melainkan lebih cantik. Nah, di sinilah AI bekerja, membuat pria lebih ganteng dan wanita tetap cantik.

Sekarang, Oppo kembali mengadopsi AI di smartphone terbarunya. Metodenya lebih disempurnakan di Oppo F7. Tidak heran jika namanya adalah AI Beauty 2.0. Kabarnya, AI tersebut tidak hanya untuk selfie. Penasaran? Tunggu saja, Oppo F7 akan diperkenalkan pada pertengahan April ini ke khalayak Indonesia.

Perangkat ini akan hadir dengan layar 6,23 inchi FHD+ dengan rasio 19 : 9
dan resolusi tinggi 2280x1080 P. Selain itu kamera selfie pada perangkat ini membawa sensor terbaru SONY IMX576 25 Megapixel HDR yang dapat menghasilkan foto berkualitas tinggi dengan dynamic range yang baik dengan hasil yang lebih natural. Besaran diafragma F/2.0 disematkan untuk menyaring lebih banyak cahaya yang masuk ketika mengambil selfie di tempat yang kurang cahaya.

Tunggu saja Oppo F7 meluncur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya