Ketahui, Arti Tepat 'Last Seen' pada WhatsApp

Sorot Facebook - Media Sosial Whatsapp
Sumber :
  • REUTERS/Dado Ruvic

VIVA – Layanan pesan instan WhatsApp memiliki banyak hal yang bisa dilakukan. WhatsApp tengah populer untuk saat ini. Layanan milik Facebook ini sudah mempunyai pengguna sebanyak 1,5 miliar di seluruh dunia. Walaupun sudah populer, masih ada beberapa aspek yang berpotensi mengganggu pengguna. 

WhatsApp Allows Users to Pin Multiple Messages in a Chat

Dikutip pada situs BT, Kamis 7 Juni 2018, salah satu aspek yang mengganggu adalah terdapat notifikasi pemberitahuan 'online' pada bar atas. Selain status online, ada juga status 'terakhir dilihat' atau ‘last seen’. Lalu, apa sebenarnya notifikasi itu, dan bagaimana cara mengubahnya. 

Apa arti dari last seen?

WhatsApp Dongkrak Kemampuan Fitur Ini

Antara online dan 'terakhir dilihat' memang memiliki perbedaan. Status tersebut akan memberi tahu pengguna apakah orang yang ingin Anda hubungi sedang online atau malah sedang tidak online. Jika dia sedang tidak online, maka WhatsApp menghadirkan kapan orang tersebut terakhir membuka WhatsApp. 

Sedangkan status online memiliki arti pengguna yang sedang membuka WhatsApp melalui ponsel mereka dan terhubung dengan koneksi internet. 

Begini Cara Blokir WhatsApp tapi Profilnya Tetap Terlihat

Pada pengaturan privasi, Anda dapat mengatur fitur ‘last seen’. Untuk kontak yang ada pada ponsel saja, untuk semua orang, bahkan untuk disembunyikan dari semua orang. Anda bisa menyembunyikan fitur ‘last seen’, namun tidak dapat menyembunyikan status online

Mengapa tidak dapat melihat status ‘last seen’ milik orang lain? 

Jika Anda tidak dapat melihat status terakhir dilihat milik orang lain, terdapat 3 kemungkinan. Pertama, kemungkinan orang tersebut telah mengatur privasi untuk menyembunyikan status tersebut. 

Logo WhatsApp.

Selanjutnya kemungkinan Anda yang telah menyembunyikan status ‘last seen’. Karena, jika Anda mengaktifkan fitur tersembunyi, maka Anda juga tidak akan bisa melihat status orang lain. Kemungkinan terakhir adalah Anda diblokir oleh orang tersebut. 

Ubah pengaturan ‘last seen’

Secara default WhatsApp mempunyai privasi yang dapat diolah. Jika privasi tersebut belum diatur, maka pengguna lain yang ada pada kontak maupun tidak ada pada kontak, tentu dapat melihat foto profil, pesan terkirim dan terbaca, dan status terakhir dilihat. 

Untuk mengubah peraturan tersebut, ikuti langkah-langkah ini. 

Untuk iPhone, pilih menu privasi yang terletak pada menu pengaturan di kanan bawah. 

Buka 'akun' lalu pilih 'privasi'. Selanjutnya, Anda hanya harus mengatur siapa saja yang bisa melihat status terakhir. Bisa diatur meliputi yang ada pada kontak ponsel saja, atau malah untuk semua orang. Bisa juga untuk disembunyikan dari semua orang. 

Sedangkan pada Android, ketuk tombol 'menu' lalu ketuk 'pengaturan' yang terdapat di pojok kanan atas. Pengguna mengklik ikon titik tiga, lalu menjalankannya sama persis seperti iPhone. 

Cara mengatur di Windows juga cukup mudah. Pengguna hanya harus pergi ke menu lainnya yang diberi ikon titik tiga. Ketuk pengaturan, dilanjutkan dengan akun. Terakhir klik privasi, lalu aturlah status terakhir dilihat Anda sama seperti cara-cara di atas. (ch)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya