Mengenal Taman Nasional Bunaken yang Jadi Doodle Google

Doodle Taman Nasional Bunaken
Sumber :
  • Doodle Google

VIVA – Google hari ini merayakan ulang tahun ke-27 Taman Nasional Bunaken. Taman tersebut ditampilkan dalam doodle.

HGBT Industri Genjot Penerimaan Negara hingga Investasi, Begini Penjelasanya

Taman Nasional Bunaken terletak di Sulawesi bagian utara dan berada di wilayah segitiga terumbu karang. Tempat ini memiliki luas 280 mil persegi atau sekitar 725 kilometer persegi. 

Dilansir laman Google, Selasa 14 Agustus 2018, pada 1991 pemerintah memberikan perlindungan 58 jenis karang dan lebih dari 90 spesies ikan di taman nasional tersebut. 

Drone Ukraina Serang Pangkalan Udara Rusia, 6 Pesawat Hancur

Di Taman Nasional Bunaken, terdapat penyu sisik Hawksbill, ada pula beberapa jenis pohon seperti damselfish, clownfish, dan angelfish

Taman nasional itu juga merupakan laboratorium dunia, sebab sekitar 70 persen dari spesies laut yang ada berada di sini. Beberapa keanekaragaman hayati di antaranya kerapu, kakap, dan napoleon warsse feed

Heboh! Gerhana Matahari Total 2024 Dikaitkan dengan Kisah Nabi Yunus AS

Sekitar 20 ribu masyarakat tinggal di sekitar taman nasional dan menggantungkan hidupnya pada sektor perikanan. 

Pemerintah Indonesia mengajukan Taman Nasional Bunaken ke situs warisan dunia UNESCO. Langkah ini merupakan upaya perlindungan tambahan, karena masih ada penangkapan ikan illegal, serta perubahan iklim yang bisa merusak karang. 

Untuk Google Doodle spesial Taman Nasional Bunaken, mesin pencarian itu menampilkan sejumlah tautan informasi mengenai wilayah tersebut. Termasuk di antaranya mengenai luas wilayah dan letak wilayah. 

Selain itu adapula informasi jika pengguna Google hendak traveling ke Taman Nasional Bunaken. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya