Selain Prengus, Simak 6 Fakta Khas Kambing yang Jarang Diketahui

Kambing domestik
Sumber :
  • www.pixabay.com/Ippicture

VIVA – Hari ini, Rabu 22 Agustus 2018, umat muslim di Indonesia merayakan Hari Raya Idul Adha. Dalam hari besar ini, muslim mengurbankan hewan. Biasanya hewan yang dikurbankan yakni kambing atau sapi.

8 Waktu yang Diharamkan untuk Berpuasa Menurut Ajaran Islam

Bicara kambing, salah satu yang sering teringat dalam benak kita adalah bau kuat yang kerap disebut ‘prengus’. Padahal banyak loh fakta menarik lain dari kambing selain ‘prengus’.

Berikut fakta-fakta kambing dikutip dari spesialis kambing dan sapi dari Universitas Maryland Amerika Serikat, Susan Schoenian, dikutip laman Live Science, Selasa 21 Agustus 2018: 

Didukung Lebih dari 30 Negara, Idul Fitri-Idul Adha Kini Diakui UNESCO sebagai Hari Besar Keagamaan

Kromosom

Kromosom merupakan hal penting dalam makhluk hidup. Kromosom merupakan struktur di dalam sel berupa deret panjang molekul yang terdiri dari satu molekul DNA dan berbagai protein terkait yang merupakan informasi genetik suatu organisme. 

Jelang Idul Fitri, Pemkab Purwakarta Siapkan Vaksin untuk Atasi Wabah PMK

Nah bicara kromosom, kambing memiliki 60 kromosom, sapi punya 54 kromosom dan manusia punya 46 kromosom. Manusia ternyata kalah soal jumlah kromosom dengan kambing.

Ekor

Ternyata ekor kambing punya keunikan dan kekhasan. Perhatikan baik-baik, ekor kambing umumnya menunjuk ke atas. Tapi Susan mengatakan jika kambing dalam keadaan ketakutan atau sakit, ekornya tak menunjuk ke atas. 

Beda kambing beda domba soal ekor. Susan mengatakan ekor domba cenderung menggantung dan yang pendek. Baru tahu kan?

Sifat

Kambing lebih mandiri dan independen dan secara alami lebih ingin mencari tahu. Sedangkan domba lebih suka berkumpul bersama dan lebih cenderung menyendiri.

Tanduk

Nah soal tanduk ini kambing juga punya keunikan dan karakteristik loh. Sebagian besar kambing punya tanduk, sedangkan banyak keturunan domba tak bertanduk. 

Tanduk kambing lihat saja sempit dan lurus, sedangkan tanduk domba meringkuk di sekitar lingkaran di sisi kepala mereka.

Kambing

Hewan pertama

Menurut  Smithsonian Institution, kambing merupakan salah satu hewan peliharaan pertama di dunia. Kambing pertama kali dijinakkan sekitar 9000 tahun lalu. 

Pupil

Nah ada juga loh karakteristik mata kambing. Ternyata dalam cahaya terang, pupil di mata kambing akan berbentuk persegi panjang bukan bulat.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya