Tujuh Aplikasi Ini Akan Bikin Hidupmu Teratur

Ilustrasi Alexa dan Cortana
Sumber :
  • www.blog.microsoft.com

VIVA – Sulit bagi kita untuk membagi prioritas antara pekerjaan, kegiatan, janji temu dengan teman dan daftar tugas yang terus bertambah. Akibatnya kita terus merasa tergesa-gesa disertai cemas. Namun sebenarnya dengan memanfaatkan smartphone, hal di atas tidak perlu lagi takut untuk dihadapi.

Ilmuwan Ini Berhasil Ciptakan Koper Bertenaga Al, Permudah Tunanetra Navigasi Lingkungan

Dikutip dari laman Popular Science, Sabtu 5 Januari 2019, ada tujuh aplikasi dan platform yang akan membantu kamu membangun kebiasaan yang lebih baik, hanya dengan mengandalkan sebuah perangkat ponsel pintar. Berikut dia ulasannya:

Google Keep

Begini Cara Realme Sukses Lawan Samsung, Apple dan Xiaomi

Sebuah aplikasi gratis yang disediakan Google ini bisa digunakan untuk menyimpan catatan. Pengguna dapat memberi warna dengan catatan yang dibuat, lalu mengelompokkannya. Misalnya warna merah dikhususkan untuk hal yang berkaitan dengan pekerjaan.

Kemudian pengguna juga dapat memanfaatkan berbagai fitur, seperti teks, coretan jari, memo suara dan gambar. Bahkan mereka juga dapat berbagi catatan dengan pengguna lain.

Lima Trik Bikin Wi-Fi di Rumah Makin Ngebut

Cortana

Jika kamu memiliki asisten Google atau bahkan asisten Apple yang dipanggil dengan Siri. Tak ada salahnya kamu mencoba Cortana jika menjalankan komputer dengan Windows 10. Asisten digital ini dapat membuat catatan, menulis daftar, dan mengingatkan tugas.

Menariknya, dia dapat memberi peringatan kepada pengguna saat pemiliknya melewati lokasi tertentu. Misalnya saat kamu melewati toko bunga, maka kamu akan diberi tahu untuk membeli bunga yang biasa dibeli.

Cortana juga bisa bekerja di aplikasi kalender, memungkinkan pengguna menambahkan janji temu atau acara baru, sehingga asisten Artificial Intelligence (AI) itu dapat memberi pengguna peringatan.

Trello

Trello telah dikenal sebagai alat yang digunakan oleh tim untuk mengelola proyek secara bersama. Tool ini tersedia di aplikasi seluler dan web. Kamu bisa membuat kartu digital yang diatur dalam kolom-kolom yang sudah dikelompokkan.

Kolom dapat mewakili tugas, tingkat prioritas, tanggal penting atau faktor lainnya. Kamu juga dapat memberi deskripsi, label warna, dan menyisipkan file. Cara kerja Trello terbilang sederhana dan tidak rumit. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk individu.

Smarter Time

Untuk mengatur hidup agar lebih efisien, kamu perlu tahu bagaimana waktu dihabiskan. Dengan aplikasi ini, kamu dapat melacak aktivitas pengguna secara otomatis. Kemudian aplikasi juga bisa mengisi kekosongan berdasarkan aktivitas sebelumnya.

Aplikasi yang menggunakan internet ini akan melaporkan segala sesuatu, seperti bagaimana kamu menghabiskan sebagian besar waktu. Aplikasi dapat diunduh melalui Play Store dan sedang masa pengembangan untuk versi beta iOS.

Todoist

Alat yang bekerja di semua platform ini memiliki antarmuka yang cerdas dan intuitif, menyediakan fitur canggih untuk penggunanya. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk menetapkan prioritas.

Kemudian pengguna juga dapat mengatur tugas, memisahkan antara pekerjaan dengan hal pribadi. Misalnya untuk tugas yang berulang, seperti membuang sampah atau membayar tagihan. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis, namun ada paket berbayar sebesar US$29 dengan fitur tambahan.

Habit List

Aplikasi ini akan mengarahkan penggunanya untuk mengembangkan kebiasaan yang baik. Untuk menggunakannya, pengguna cukup menandai pencapaian mereka di kalender, dan aplikasi akan menjadwalkannya secara berulang.

Habit List akan memberi peringatan tentang kegiatan apa yang masih harus dilakukan. Aplikasi juga akan mengirim laporan kemajuan, untuk melihat bagaimana upaya kamu dalam menjalankan aktivitas. Aplikasi bisa didapatkan secara gratis di iOS, fitur tambahan akan dikenakan US$5.

Pocket

Banyak dari kita yang menemukan sesuatu yang menarik di internet. Namun terkadang karena waktu yang sempit, kita malah melewatkannya. Kini dengan aplikasi Pocket pengguna dapat melakukan cache artikel saat sedang menjelajah.

Pengguna dapat mengatur artikel dan video sesuai kategori. Kemudian artikel juga dapat dibaca dalam keadaan offline. Lalu jika kamu mengunduhnya di beberapa perangkat, maka mereka akan saling tersambung. Pocket tersedia di Android dan iOS secara gratis. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya