Google Doodle Turut Memeriahkan Imlek

Google Doodle rayakan Tahun Baru Imlek.
Sumber :
  • Google Doodle

VIVA – Google Doodle ikut memeriahkan Tahun Baru Imlek yang jatuh pada Selasa hari ini, 5 Februari 2019. Raksasa teknologi Amerika Serikat itu kembali menghadirkan Google Doodle dengan menghias laman pencariannya dengan animasi karakter Babi Tanah, yang merupakan shio untuk tahun ini.

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran, Jangan Lupa Pasang CCTV

Imlek tidak hanya dirayakan di China tetapi di luar negeri di Singapura, Indonesia, Malaysia, Thailand, Kamboja dan Filipina, serta komunitas China di seluruh dunia.

Perayaan ini berlangsung selama dua minggu, dari Malam Tahun Baru ke Festival Lentera pada hari ke-15 di bulan pertama. Imlek dimulai dengan bersih-bersih rumah, ritual simbolik yang dimaksudkan untuk menyapu debu yang menumpuk dan kotoran supaya rumah bersih kembali.

Nikah Beda Agama, 5 Artis Ini Jalankan Puasa Ramadhan Tanpa Pasangan

Lentera kertas merah, warna yang dipercaya membawa keberuntungan dan kemakmuran, serta spanduk bertuliskan kalimat puisi digantung sebagai dekorasi.

Rumah Dekat Asrama Brimob di Slipi Dilahap Si Jago Merah, 17 Mobil Pemadam Dikerahkan
Google Doodle Imlek 2019.

Anak-anak juga diberikan uang keberuntungan atau angpao di dalam amplop merah. Sementara, apel dan jeruk Mandarin dilambangkan sebagai kedamaian dan kekayaan. Kalender tradisional China mengombinasikan 12 hewan zodiak, di mana hal ini mempengaruhi siklus bulan untuk menandai tahun baru.

Seperti perayaan Hari Raya Idul Fitri dan Natal, Imlek merupakan hari di mana kerabat yang lebih tua dan berkeluarga mengajukan berbagai macam pertanyaan, seperti apakah sudah memiliki pacar, kapan menikah, dan kapan memiliki anak bagi yang baru saja menikah.

Tahun Baru Imlek selalu ditandai dengan kemeriahan berbagai macam petasan dan betapa elegannya tarian singa yang ditampilkan di berbagai tempat. Selamat Tahun Baru Imlek, Gong Xi Fa Cai.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya