Logo BBC

Spesies Manusia Baru Ditemukan di Filipina, Dikaitkan dengan Indonesia

The finger and toe bones are curved, suggesting climbing was still an important activity for this species - Florent Detroit
The finger and toe bones are curved, suggesting climbing was still an important activity for this species - Florent Detroit
Sumber :
  • bbc

Spesies manusia yang sudah lama punah telah ditemukan di Filipina. Dikenal sebagai Homo luzonensis, spesies ini menjadi tambahan baru bagi silsilah manusia di muka bumi.

Sesuai namanya, spesies tersebut ditemukan di pulau terbesar di Filipina, yaitu Pulau Luzon.

Bentuk fisiknya merupakan campuran dari ciri-ciri fisik manusia purba dan spesies manusia yang muncul belakangan.

Ini artinya, spesies yang ditemukan di Filipina adalah kerabat manusia purba primitif yang meninggalkan Afrika dan berhasil tiba di Asia Tenggara, sesuatu yang sebelumnya dikira tidak mungkin terjadi.

Temuan ini sekaligus menunjukkan bahwa evolusi manusia di wilayah tersebut kemungkinan sangat rumit. Pasalnya, ada sedikitnya tiga spesies manusia yang bermukim di Asia Tenggara kira-kira pada saat nenek moyang manusia modern tiba di kawasan itu.

Salah satu dari spesies ini adalah manusia `Hobbit` - Homo floresiensis - yang bertahan hidup di pulau Flores, Indonesia, hingga 50.000 tahun yang lalu.

Profesor Chris Stringer, dari Natural History Museum di London, berkomentar: "Setelah penemuan luar biasa Homo floresiensis dirilis pada 2004, saya mengatakan bahwa percobaan pada evolusi manusia yang terjadi di Flores dapat terulang di banyak pulau lain di kawasan tersebut.