Kowsar, Jet Tempur Generasi Keempat Iran 'Rasa' Amerika

Jet tempur Iran Kowsar.
Sumber :
  • Al Arabiya

VIVA – Angkatan Bersenjata Iran resmi memiliki jet tempur generasi keempat buatan sendiri. Namanya Kawthar atau Kowsar Jet tempur ini bermesin ganda yang mampu membawa berbagai jenis rudal dan bom untuk misi dukungan udara jarak dekat.

Jepang Akan Jual Jet Tempur, Tinggalkan Pasifisme Pasca Perang

Mengutip situs kantor berita Iran atau IRNA, Kamis, 18 April 2019, Kowsar juga dilengkapi dengan teknologi perancangan dan produksi avionik generasi keempat serta sistem kendali tembak.

Jet tempur ini diproduksi dalam versi satu kursi dan dua kursi, serta dapat digunakan untuk pelatihan pilot selain untuk keperluan militer.

Tegang! 2 Pesawat Pengebom B-1B AS Berhadapan dengan Jet Tempur MiG Rusia di Laut Barents

Sistem avionik Kowsar.
5 Negara yang Memiliki Jet Tempur F-16 Terbanyak, Israel Kalah dari Turkiye

Menteri Pertahanan Iran Amir Hatami mengaku pengembangan Kowsar adalah bagian dari Proyek Azarakhsh-II, yang generasi pertamanya telah berjalan sejak 1997 yang dijalankan oleh Iran Aircraft Manufacturing Industrial Company (HESA).

Ia mengatakan program pesawat Kowsar dimotivasi oleh serangan udara yang diderita Iran selama perang delapan tahun dengan Irak pada 1980, serta oleh ancaman berulang dari Israel dan Amerika Serikat.

"Kami telah belajar dalam perang (Iran-Irak) bahwa kami tidak dapat bergantung pada siapa pun kecuali diri kami sendiri. Sumber daya kami terbatas dan kami berkomitmen untuk membangun keamanan dengan biaya minimum," ungkapnya.

Pabrik pembuatan Kowsar.

Hatami melanjutkan, Kowsar memiliki arsitektur terintegrasi yang canggih dan avionik pengendalian kebakaran, jaringan data digital generasi keempat, sampai teknologi tampilan digital multipurpose.

Selain itu, penghitungan balistik terkomputerisasi mulai dari persenjataan dan sistem HUD untuk meningkatkan akurasi senjata dan amunisi, hingga sistem pemetaan yang cerdas.

Kendati demikian, sejumlah pakar militer meyakini bahwa Kowsar adalah tiruan jet tempur F-5 B/F (tandem seat / kursi ganda) milik AS yang pertama kali diproduksi pada 1960-an. (ann)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya