Berhenti Jadi 'Mata-mata', Google Maps Hadirkan Mode Penyamaran

Google Maps.
Sumber :
  • Twitter/@Google_IDN

VIVA – Dalam konferensi Google I/O 2019, CEO Google, Sundar Pichai mengatakan bahwa mode penyamaran yang sebelumnya ada di Chrome akan dibawa ke Google Maps. Manfaatnya adalah pengguna tetap dapat menggunakannya untuk mencari lokasi dan rute, namun tidak akan ada data yang disimpan di akun Google.

Google Fires 28 Employees Because of Nimbus Project

Dikutip melalui situs Business Insider India, Rabu, 8 Mei 2019, cara mengaktifkannya adalah dengan mengklik garis tiga di kiri atas dan akan ada opsi untuk mengaktifkan mode penyamaran. Meski begitu pengguna masih tetap harus waspada, ada kemungkinan data masuk ke dalam situs web pengumpul data yang pernah dikunjungi.

Studi yang dilakukan Vanderbilt University dan Digital Content Next, menyebut bahwa Google Maps masih dapat mengumpulkan data pribadi pengguna, meski saat mode penyamaran diaktifkan. 

Segera Hadir Fitur Baru untuk Pengguna Mobil Listrik

Sementara itu, Google yang menanggapi laporan tersebut mengatakan bahwa laporan tersebut ditulis oleh seorang dari pihak Oracle, yang mana saat itu tengah berlangsung kasus hak cipta dengan Google di pengadilan. "Jadi tidak mengherankan bahwa itu berisi informasi yang menyesatkan," kata Google.

Kala itu, Google juga pernah dikenai tuntutan hukum dalam kasus melacak secara diam-diam lokasi pengguna pada Agustus 2018. Pelapor menuduh Google masih melacak dan menyimpan lokasinya, bahkan ketika fitur location history miliknya dimatikan.

Google Pecat 28 Karyawan Setelah Protes Terhadap Kontrak dengan Pemerintah Israel

Dengan akan hadirnya fitur yang dibicarakan Pichai tentang pentingnya privasi, tampaknya Google memiliki keinginan kuat agar pengguna dapat mengendalikan datanya sendiri.

Kantor Google.

7 Rahasia Google

Google merupakan salah satu search engine yang tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan sehari-hari. Meski setiap hari digunakan, mungkin belum banyak orang yang mengetahui.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024