Si Kumbang Hercules, Spesies yang Terbesar dan Kuat Banget

Kumbang Hercules (Dynastes hercules)
  • Wikipedia

VIVA – Dalam mitologi Romawi, nama Hercules terbilang populer. Hercules merupakan salah satu tokoh dalam mitologi Romawi yang dikenal karena kekuatannya tubuhnya.

5 Pesawat Militer Terbaik dengan Baling-Baling

Nah, tahu kah kalian, ada hewan yang saking kuatnya kemudian dinamai Hercules? Hewan yang dimaksud yakni kumbang Hercules (Dynastes hercules). Spesies tersebut merupakan salah satu spesies kumbang badak (rhinoceros beetle). Berikut ini profil spesies kumbang Hercules:

Kumbang terpanjang

Tak Dapat Izin, Bantuan Kemanusiaan RI untuk Gaza Diterjunkan AU Yordania

Kumbang Hercules punya profil yang unik dari sisi kekuatan dan ukuran tubuhnya. Kumbang Hercules dewasa ukurannya bervariasi, panjangnya antara 2 sampai 3,3 inci (belum termasuk tanduknya), dan 1,1 sampai 1,7 inci lebar tubuhnya.

Kumbang Hercules jantan malah bisa lebih panjang, mencapai 7 inci termasuk dengan tanduknya. Dengan panjang tersebut, kumbang Hercules jantan ini menjadi salah satu spesies kumbang terpanjang di dunia, jika memasukkan kategori rahang atau tanduknya.

Jokowi: Indonesia Segera Salurkan Bantuan ke Gaza lewat Udara

Dengan ukuran tubuhnya tersebut, kumbang Hercules juga masuk salah satu serangga terbang terbesar di dunia.

Lavine L dkk dalam Exaggerated Trait Growth in Insects yang diterbitkan Annual Review Entomology, menuliskan soal ukuran tanduk, antara kumbang ini satu dengan lainnya bervariasi. Demikian juga dengan ukuran kaki, sayap, dan tubuh secara keseluruhan. Keragaman ukuran bagian tubuh ini terkait dengan mekanisme perkembangan sang kumbang yang merupakan paduan kecenderungan genetik, nutrisi, stres, paparan parasit dan kondisi fisiologis.

Salah satu spesies kumbang Hercules

Kuat banget

Sesuai namanya kumbang Hercules merupakan spesies yang kuat sekali. Laporan Inexpensive Load Carrying By Rhinoceros Beetles yang ditulis Rodger Kram dalam The Journal of Experimental Biology menunjukkan, kumbang Hercules bisa membawa massa yang bobotnya hingga 850 kali dari bobot tubuhnya. Kram menuliskan, dalam pengujian spesies kecil kumbang badak saja menunjukkan bisa membawa massa 100 kali dari bobot tubuh mereka dalam kondisi tidak bergerak.

Ciri tubuh

Kumbang Hercules jantan punya warna hitam kecuali area elytra atau dua sayapnya, yang berwana hijau zaitun. Sang jantan cenderung punya elytra yang berwarna-warni, bervariasi antarspesimen yang kemungkinan dipengaruhi kelembaban lingkungan setempat tempat habitat mereka.

Hinton H.E dkk dalam Physiological colour change in the elytra of the Hercules beetle, Dynastes hercules di jurnal Journal of Insect Physiology menuliskan, pada kelembaban rendah, elytra berwana hijau zaitun atau kuning. Sedangkan Toussaint, A. (2015) dalam Dynastes hercules (Hercules Beetle) di jurnal The Online Guide to the Animals of Trinidad and Tobago (University of West Indies) mengatakan, pada kondisi gelap warna elytra berubah menjadi hitam pada kelembaban tinggi karena perubahan refraksi cahaya.

Pada betina, Keller, O dan Cave, R. D. Cave (2016) dalam Hercules Beetle Dynastes hercules (Linnaeus, 1758) (Insecta: Coleoptera: Scarabaeidae) menuliskan, area elytra bisanya seluruhnya hitam, tapi kadang seperempat lainnya berwarna seperti pola sang jantan.

Makanan

Larva kumbang Hercules memakan kayu yang membusuk selama dua tahun dalam tahap awal perkembangan tersebut. Sedangkan kumbang Hercules dewasa memakan buah segar dan buah yang membusuk. Kumbang dewasa ini memakan buah persik, pir, apel sampai anggur pada penangkaran.

Asal muasalnya

Keller, O dan Cave, R. D. Cave menuliskan, kumbang Hercules bisa ditemukan di hutan hutan pegunungan serta dataran rendah, di selatan Meksiko sampai Bolivia. Habitat spesies ini dilaporkan juga muncul di Lesser Antilles Karibia, Trinidad dan Tobago, Brasil, Ekuador, Kolombia, dan Peru.

Dutrillaux B.; Dutrillaux A.-M. (2013) dalam A South American Origin of the Genus Dynastes (Coleoptera: Scarabaeidae: Dynastinae) Demonstrated by Chromosomal Analyses, mengungkapkan, analisis kromosom menunjukkan jenis kumbang spesies Dynastes ini asal usulnya dari Amerika Selatan.

Subspesies