Galaksi Ini Lahirkan Bintang Baru, Punya Lubang Hitam Sangat Besar

Ilustrasi alam semesta.
Sumber :
  • www.pixabay.com/WikiImages

VIVA – Hubble Space Telescope menemukan galaksi kecil, kerdil ESO 495-21, yang sedang bekerja membuat bintang baru. Dalam pengamatan teleskop, galaksi tersebut sedang dalam tahap memompa keluar bintang baru. Padahal ESO 495-21 sudah terisi dengan bintang-bintang berukuran besar. Benda-benda tersebut juga tercatat berusia cukup muda sekitar jutaan tahun. 

Sikap Elon Musk soal Alien, Jawabannya Tak Terduga

Dilansir dari laman BGR, Senin 17 Juni 2019,dengan adanya kumpulan bintang besar itu, menandakan ESO 495-21 tidak akan berhenti memproduksinya. 

Pusat kendali Hubble Space Telescope mengatakan, galaksi itu dihuni kelompok bintang super atau area dengan kepadatan bintang sangat tinggi. Penemuan ini membantu peneliti untuk mempelajari pembentukan bintang di galaksi baru. 

Teleskop James Webb Temukan Galaksi Wajah Hantu

Tim peneliti memiliki pemikiran mengenai isi dari inti galaksi tersebut. Salah satunya adalah gugus bintang. 

"ESO 495-21 juga mungkin memiliki lubang hitam sangat besar di bagian inti," kata pusat kendali Hubble Space Telescope. 

Seberapa Jauh Jarak Bintang?

Tim Hubble Space Telescope mengatakan, astronom tahu setiap galaksi yang menampung benda langit seperti ESO 495-21, di bagian tengahnya secara umum memiliki lubang hitam dengan ukuran besar. 

Namun sayangnya, ESO 495-21 sangat tidak mungkin dikunjungi. Jaraknya cukup jauh sekitar 30 juta tahun cahaya, yang artinya melihat seperti apa galaksi 30 juta tahun lalu daripada yang terjadi sekarang. (ren)

Ilustrasi Galaksi Bima Sakti.

Hujan Amaterasu: Fenomena Misterius yang Membingungkan Para Astronom

Fenomena hujan partikel misterius bernama Amaterasu baru-baru ini membuat para astronom kebingungan. Partikel ini terdeteksi menghujani Bumi dengan energi yang sangat tin

img_title
VIVA.co.id
13 Februari 2024