Logo WARTAEKONOMI

Mengenal Teknologi Serverless Computing

Apa Itu Serverless Computing?. (FOTO: KrAsia).
Apa Itu Serverless Computing?. (FOTO: KrAsia).
Sumber :
  • wartaekonomi

Serverless computing atau dalam bahasa Indonesia berarti komputasi tanpa server merupakan teknologi yang sedang ramai dibicarakan akhir-akhir ini.

Pada dasarnya, teknologi ini terdapat dalam cloud computing. Kata less di sini bukan berarti tidak sama sekali, melainkan seminimal mungkin (konfigurasi) yang dibutuhkan untuk mengembangkan satu aplikasi berbasis web.

Melansir dari Amazon Web Services (AWS), serverless computing adalah teknologi yang memungkinkan kita untuk membangun dan menjalankan aplikasi atau website tanpa harus memikirkan tentang bagaimana cara mengoperasikan server tersebut.

Dengan begitu, serverless computing bisa disamakan dengan hosting cPanel. Maksudnya, Anda hanya perlu melakukan coding lalu upload source code dan database.

CTO IBM Cloud, Kalyan Mandala, mengatakan serverless computing atau Function as a Service (FaaS) akan menjadi tren besar berikutnya dalam bisnis cloud.

Dengan serverless computing, saat men-deploy aplikasi, kita tidak perlu banyak berinterkasi dengan misalnya SSH atau remote connection lainnya.

Atau, saat men-deploy kode, kita tinggal terhubungkan ke proxy tanpa harus mengotak-atik konfigurasi web server atau memilih kode mana yang akan dieksekusi jika suatu antrian sudah didatangi oleh jutaan message yang antre dalam queue service.