Nonton Jupiter dan Saturnus Dulu, Gerhana Bulan Sebagian Kemudian

Nonton Jupiter dan Saturnus Dulu, Gerhana Bulan Sebagian Kemudian

Selasa, 16 Juli 2019 | 19:00 WIB
Gerhana terjadi pada Rabu dini hari sampai pagi hari.
Gerhana Bulan
Photo :
  • Pixabay

Gerhana Bulan

VIVA – Planetarium dan Observatorium Jakarta mengadakan nonton bareng gratis Gerhana Bulan Sebagian yang terjadi Rabu dini hari 17 Juli 2019. Pengamatan di Plaza Teater Jakarta, Cikini, Jakarta Pusat itu dimulai Selasa 16 Juli 2019, pukul 21.00 WIB sampai Rabu 17 Juli 2019, pukul 06.00 WIB. Planetarium tersebut mengadakan pengamatan lebih awal, sebagai pemanasan sebelum nonton bareng Gerhana Bulan Sebagian.

Dalam publikasi yang beredar, Selasa malam, Planetarium dan Observatorium Jakarta menyelenggarakan pengamatan Planet Jupiter dan Saturnus.

"Rundown kami, diawali pengamatan Jupiter dan Saturnus mulai pukul 22.00. Registrasi pukul 21.00 sampai pukul 01.30 WIB. Lalu dilanjut pengamatan Gerhana Bulan Sebagian mulai pukul 01.43 sampai 06.00 WIB," jelas Kepala Satuan Pelaksana Teknik Pertunjukan dan Publikasi Planetarium dan Observatorium Jakarta, Eko Wahyu Wibowo kepada VIVA, Selasa 16 Juli 2019. 

Pengamatan objek langit itu tentunya harus didukung dengan cuaca dan kondisi langit yang cerah. Dalam hal nanti cuaca kurang bersahabat, pengamatan gerhana dan kedua planet itu bakal dibatalkan.

"Kalau cuaca mendung, kami pastinya kesulitan karena tertutup awan sehingga kami akan menonton relay yang di-live-kan dari tempat lain," katanya. 

Nah, sebelum nonton streaming atau ngamat bareng, perhatikan nih fase-fase gerhana dini hari nanti.

Berita Terkait :
)
Saksikan Juga